KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Selain Tangsel, KPK juga selidiki pengadaan Alkes di Banten

Kamis, 24 Oktober 2013 18:22 Reporter : Putri Artika R
Johan Budi. ©2013 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Siang tadi penyelidik KPK mendatangi Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Banten. Kedatangan mereka terkait penyelidikan baru dalam pengadaan alat-alat kesehatan (Alkes) di Provinsi Banten.

"Benar saat ini ada tim penyelidik yang sedang berada di Serang, Provinsi Banten dalam rangka untuk meminta keterangan dan dokumen dalam pengadaan Alkes. Bukan penggeledahan," ujar Juru Bicara KPK Johan Budi SP, saat konpers di KPK, Kamis (24/10).

Menurut Johan, penyelidikan baru di Banten ini berbeda dengan penyelidikan yang ada di Tangerang Selatan, meski KPK sama-sama membidik proyek pengadaan alat-alat kesehatan.

"Beda ini beda. Alkes Tangsel, ini alkes Serang. Ini Provinsi Banten, 2010-2012," ujarnya.

Johan menambahkan penyelidik meminta sejumlah keterangan dari para pegawai Dinkes Banten. Namun, Johan enggan menyebutkan siapa-siapa saja pihak pns dinkes Banten itu.

KPK kemarin juga mendatangi Kantor Dinas Kesehatan di Jalan Wina Harja, Pamulang. Hal itu berkaitan dengan penyelidikan baru terkait pengadaan Alkes pada tahun 2010 sampai 2012 di Tangerang Selatan.

Penyelidikan baru ini dibuka setelah adanya kasus tangkap tangan Akil Mochtar yang menerima suap dalam dua sengketa Pilkada, yakni sengketa Pilkada di Gunung Mas, Kalimantan Tengah dan sengketa Pilkada di Lebak, Banten.

BPK menemukan indikasi penyimpangan di proyek Dinas Kesehatan Tangsel senilai Rp 12,3 miliar. Proyek-proyek itu yakni pengadaan alat kesehatan Dinas Kesehatan, Sarana dan prasarana Puskesmas serta alat-alat RSUD. Diduga pemerintah kota menggelembungkan harga perkiraan sendiri di dalam proyek-proyek tersebut.

Diketahui, suami Airin sendiri Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan telah ditangkap KPK lantaran diduga menyuap Ketua MK Akil Mochtar. Wawan yang merupakan adik Gubernur Banten Ratu Atut itu menyuap penanganan sengketa Pilkada Lebak Banten. [ren]

Topik berita Terkait:
  1. Kasus Korupsi
  2. Ratu Atut

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.