Selain tangkap Bupati Subang, KPK sita duit ratusan juta rupiah

Rabu, 14 Februari 2018 15:39 Reporter : Hari Ariyanti
Selain tangkap Bupati Subang, KPK sita duit ratusan juta rupiah Bupati Subang Imas Aryumningsih. ©Istimewa

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan di Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (13/2). KPK mencokok delapan orang termasuk Bupati Subang. Selain itu, duit ratusan juta rupiah turut disita.

"Ada sejumlah uang juga yang kami amankan sebagai bukti. Nilainya nanti akan disampaikan pada konferensi pers sore ini. Estimasinya sekitar ratusan juta rupiah," ujar Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (14/2).

OOT di Subang, lanjutnya, setelah penyidik menerima laporan dari masyarakat akan ada serah terima atau transaksi antara pihak-pihak tertentu yang melibatkan penyelenggaraan negara. Atas dasar itulah tim KPK melakukan cek lapangan.

"Kita konfirmasi dan klarifikasi juga memang benar ada bukti-bukti awal yang kita dapatkan. Sehingga kita amankan orang tadi malam," jelasnya.

Delapan orang ini kemudian langsung dibawa ke kantor KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut. Pemeriksaan masih berlangsung hingga saat ini. Febri mengatakan kasus ini dugaan awalnya berkaitan dengan proses perizinan khususnya izin prinsip penggunaan lahan oleh perusahaan.

Selain Bupati Subang, tujuh orang lainnya yang terjaring OTT itu berasal dari pihak swasta, pejabat setempat, pegawai, dan perantara. Terkait hubungannya dengan dana kampanye mengingat Bupati Subang adalah calon petahana pada Pilkada serentak Juni mendatang, Febri mengatakan akan didalami pihaknya.

"Kalau sekarang saya sampaikan terlalu dini rasanya. Tentunya kami akan mendalami hal tersebut. Juga beberapa kasus sebelumnya dari operasi tangkap tangan kepala daerah yang kita lakukan kalau kita memang menemukan adanya dugaan penggunaan sejumlah uang suap untuk biaya pencalonan kepala daerah," paparnya. [rhm]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini