Selain Sekolah, Pemkot Solo Juga cek Kesiapan New Normal di Mal

Jumat, 29 Mei 2020 18:58 Reporter : Arie Sunaryo
Selain Sekolah, Pemkot Solo Juga cek Kesiapan New Normal di Mal Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Kota Solo bersama jajaran Forkompinda mengecek persiapan sejumlah fasilitas umum menjelang penerapan tatanan baru atau new normal di tengah pandemi Covid-19. Selain sekolah, persiapan infrastruktur juga dilakukan di sejumlah pasar modern atau mal.

Pengecekan dilakukan Wali Kota Solo F.X Hadi Rudyatmo bersama Kapolresta Surakarta Kombes Pol Andy Rifai serta Komandan Kodim 0735/Surakarta, di Solo Paragon Mal, Kamis (28/5).

Andy Rifai menegaskan kesadaran masyarakat dalam berdisiplin, khususnya dalam penerapan protokol kesehatan sangat penting sebagai syarat diberlakukannya new normal di pusat keramaian.

"Kami bersama Wali Kota Solo dan Dandim 0735/Surakarta melakukan pengecekan kesiapan new normal di mal. Kuncinya adalah kedisiplinan masyarakat," ujar Andy, Jumat (29/5).

Dalam pengecekan tersebut, jajarannya melakukan penyusuran semua sudut mal dan tenant yang ada di Solo Paragon Mal. Semua infrastruktur protokol kesehatan mulai dari tempat cuci tangan, tempat duduk, lokasi antrean kasir, tempat makan, dan lainnya sudah siap.

"Kami coba gunakan tempat cuci tangan yang disediakan dan berfungsi dengan baik. Demikian juga tempat antrean kasir di tempat belanja juga sudah diberikan jarak," jelasnya.

Mantan Kapolres Sukoharjo dan Kudus tersebut menyampaikan, penerapan new normal di Solo akan dilakukan setelah status Kejadian Luar Biasa (KLB) dicabut. Yakni sesuai instruksi Wali Kota tanggal 7 Juni mendatang.

"Penerapan new normal dilakukan setelah penerapan KLB dicabut. Kami sudah beritahu pengelola agar melengkapi fasilitas untuk mendukung penerapan new normal," katanya lagi.

Selain di mal lokasi yang juga dijadikan sasaran pengecekan kesiapan new normal diantaranya tempat ibadah, warung makan, pasar modern, pusat perbelanjaan, dan lainnya.

"Kesadaran masyarakat disiplin kesehatan sangat penting untuk menerapkan new normal. Itu imbauan untuk masyarakat," tandasnya

Terpisah, Chief Marcomm Solo Paragon Lifestyle Mall Veronica Lahji, memastikan manajemen Solo Paragon Mal siap menerapkan new normal. Semua infrastruktur berkaitan dengan protokol kesehatan sudah siap semua.

"Kami berkomitmen untuk mematuhi aturan Wali Kota Solo dan menerima masukan dari Polresta Surakarta," ucapnya.

Menurut dia, saat ini protokol kesehatan lebih diperketat. Jika terdapat pengunjung tidak mengenakan masker, tidak diperbolehkan masuk ke mal. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini