Selain Resmikan MRT Fase I, Jokowi Groundbreaking Tahap II di Bundaran HI

Minggu, 24 Maret 2019 09:26 Reporter : Supriatin
Selain Resmikan MRT Fase I, Jokowi Groundbreaking Tahap II di Bundaran HI Jokowi resmikan MRT. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan pengoperasian kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Fase I dan pencanangan pembangunan MRT Jakarta Fase II di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (24/3). Sebelum peresmian, Jokowi menjajal MRT dari Stasiun Istora ke Bundaran HI.

Saat menjajal MRT, Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sementara Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menko Polhukam Wiranto, Menkominfo Rudiantara, Menristekdikti M Nasir, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memilih menyambut Jokowi di Bundaran HI.

Demikian dengan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo serta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Jokowi tampak mengenakan kaus abu-abu lengan panjang dan jeans biru. Di dada kiri Jokowi disematkan pin kepresidenan RI.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim MRT Fase pertama saya nyatakan dioperasikan dan sekaligus MRT Fase II hari ini juga kita mulai lagi," ucap Jokowi.

Jokowi melanjutkan, selain MRT pemerintah juga akan merampungkan pembangunan Lintas Rel Terpadu (LRT) akhir tahun ini. LRT yang diprioritaskan adalah rute Depok-Bekasi-Jakarta.

"Kita harapkan di akhir tahun ini insyaallah juga LRT kita terhubung utamanya yang Depok-Bekasi menuju Jakara," ucap dia.

Rencana pembangunan MRT Jakarta sudah dikaji sejak tahun 1985. Namun, krisis ekonomi dan politik 1997-1999 menjadi salah satu kendala proyek MRT terealisasi saat itu.

MRT Jakarta baru dimulai proses konstruksinya pada 10 Oktober 2013. Saat itu, Joko Widodo menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Pembangunan MRT Jakarta dimulai dengan jalur Fase I sepanjang 16 kilometer (km) dari Terminal Lebak Bulus hingga Bundaran HI yang memiliki 13 stasiun. 13 Stasiun tersebut adalah Bundaran HI, Dukuh Atas, Setiabudi, Bendungan Hilir, Istora, Senayan, ASEAN, Blok M, Blok A, Haji Nawi, Cipete Raya, Fatmawati dan Lebak Bulus.

MRT Fase I ini sudah bisa digunakan setelah diuji coba pada 12 Maret 2019 lalu. Proyek MRT Jakarta Fase II akan melanjutkan jalur Selatan–Utara dari Bundaran HI sampai dengan Kota sepanjang 8.1 km. Tahap II akan mulai dibangun ketika tahap I beroperasi dan ditargetkan beroperasi pada tahun 2020. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini