KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Selain provinsi, Bawaslu juga seleksi Panwas kabupaten/kota

Selasa, 8 Agustus 2017 16:15 Reporter : Nur Habibie
Bawaslu periode 2017-2022. ©2017 merdeka.com/rizky erzi andwika

Merdeka.com - Sekretaris Jenderal Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gunawan Suswantoro mengatakan bahwa animo masyarakat untuk mengawasi Pilkada dan Pemilu mulai meningkat. Hal itu terbukti dari banyaknya pendaftar seleksi anggota Bawaslu Provinsi maupun Panwas Kabupaten/Kota.

"Bawaslu menyelenggarakan seleksi 25 Bawaslu Provinsi, yang akan berakhir masa jabatannya pada 20 September 2017 (masa jabatan sebelumnya). Peserta yang lolos menjalani tes tertulis akan menjalani tes kesehatan dan tes kejiwaan atau psikologi," kata Gunawan di gedung Bawaslu, Jakarta Pusat, Selasa (8/8).

Dari 1.609 orang peserta yang mengikuti test, nantinya Bawaslu di setiap Provinsi akan menyaring lagi hingga hanya menyisakan 25 orang. Jumlah ini akan mengikuti tahap selanjutnya.

"Tim seleksi Bawaslu Provinsi di masing-masing daerah harus menghasilkan minimal 12 orang dan paling banyak 24 orang untuk menjalani tes wawancara dan tes kesehatan dan kejiwaan lanjutan," ujarnya.

"Dari 12 hingga 24 orang peserta itu, Tim Seleksi akan menyaring kembali menjadi enam orang yang akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan oleh Ketua dan Anggota Bawaslu RI," sambung Gunawan.

Selain adanya proses seleksi Bawaslu Provinsi, ternyata saat ini juga sedang berlangsung proses seleksi Panwas Kabupaten/Kota.

"Seleksi Panwas Kabupaten/Kota sebagian sudah memasuki tahapan uji kelayakan dan kepatutan oleh Bawaslu Provinsi. Panwas di sebagian Kabupaten/Kota lainnya sudah ditetapkan," ucapnya.

Anggota Panwaslu Kabupaten/Kota yang terpilih, nantinya akan dilakukan pelantikan secara serentak di bulan Agustus ini.

"Pelantikan Anggota Panwaslu Kabupaten/Kota terpilih direncanakan dilakukan secara serentak pada 23 atau 24 Agustus 2017. Dengan demikian, pengawasan pelaksanaan Pilkada bagi daerah yang menyelenggarakan pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota dapat segera dilaksanakan," tandasnya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Bawaslu
  2. Panwas Pemilu
  3. Pemilu
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.