Selain Metro TV, Setya Novanto juga laporkan Sudirman Said

Senin, 14 Desember 2015 19:51 Reporter : Supriatin
Selain Metro TV, Setya Novanto juga laporkan Sudirman Said Sudirman Said bersaksi di sidang MKD. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Selain melaporkan Metro TV, Setya Novanto juga melaporkan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said ke Bareskrim Polri atas dugaan pemalsuan bukti rekaman yang diberikan kepada Majelis Kehormatan Dewan (MKD).

Laporan ini sudah dibuktikan dengan laporan polisi nomor LP/1391/XII/2015/Bareskrim tertanggal 14 Desember 2015. Sudirman Said dilaporkan terkait UU ITE No 11 tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik.

"Telah melaporkan dugaan tindak pidana manipulasi informasi elektronik dengan tujuan agar dokumen elektronik tersebut dianggap seolah olah data tersebut otentik," kata pengacara Setya Novanto, Aga Khan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (14/12).

Aga mengatakan, dalam persidangan MKD yang sebelumnya dilaporkan Sudirman Said, ada tiga alat bukti yang dijadikan pegangan yaitu rekaman handphone, dan dua rekaman yang sudah di pindahkan ke flashdisk. Keaslian dari rekaman ini harus diuji.

"Kita kan tidak tahu rekaman itu asli atau nggak? Sudirman Said kan bukan ahli ITE. Seolah olah alat bukti itu dianggap paling otentik. Jadi sekarang sedang kita uji keabsahannya," ujarnya.

Diduga memalsukan bukti rekaman, Sudirman Said terancam melanggar pasal 35 Jo pasal 51 ayat (1) UU ITE No 11 tahun 2008, dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini