Sekolah SD di Banten mirip kandang ternak, alas tanah beratap rumbia

Kamis, 3 Agustus 2017 14:47 Reporter : Dwi Prasetya
Sekolah SD di Banten mirip kandang ternak, alas tanah beratap rumbia SDN Sorongan 2 Banten. ©2017 merdeka.com/dwi prasetya

Merdeka.com - Di Provinsi Banten yang letaknya tak jauh dari Ibu Kota Negara, masih ditemukan bangunan sekolah negeri yang kondisinya seperti kandang ternak. Kondisi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sorongan 2 di Desa Curug, Kecamatan Cibaliung, Kabupaten Pandeglang, Banten, yang beralaskan tanah, tembok terbuat dari bilik bambu dan beratapkan rumbia.

Namun kondisi ruang kelas yang sangat mengkhawatirkan ini tidak menjadi penghalang siswa untuk menuntut ilmu. Aktivitas belajar di sekolah dengan kondisi kelas yang becek dan bocor bila diguyur hujan ini sudah berjalan selama 4 tahun.

Hingga kini Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Kabupaten Pandeglang, belum menyalurkan bantuan untuk pembangunan sekolah yang memiliki 39 murid.

Bangunan sekolah ini hanya satu kelas dan terpaksa disekat untuk aktivitas belajar kelas 1 hingga kelas 4.

"Yang kondisinya seperti ini. Kalau hujan, kalau rumbianya baru diganti tidak bocor. Kalau rumbianya sudah sekitar setahun ya bocor. Dan becek juga kalau hujan, karena ruang kelar beralaskan tanah," ujar kepala sekolah Murtani, Kamis (3/8).

Murtani mengungkapkan, kondisi sekolah seperti ini tidak menjadi penghalang aktivitas belajar di sekolah tersebut, bahkan siswa-siswa juga tetap semangat mengikuti aktivitas belajar. "Aktivitas sekolah berjalan seperti biasa, muruid-murid juga tetap semangat mengikuti aktivitas belajar," ujarnya.

Murtani berharap pemerintah memberikan bantuan pembangunan ruang kelas, walau hanya bangunan tidak permanen. "Mungkin belum, pemerintah masih banyak yang diurus. Tapi kita berharap pemerintah secepatnya memberikan bantuan, walau hanya bangunan semi permanen," ujarnya. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini