Sekjen MUI: Vaksinasi dan Disiplin Prokes Ikhtiar Menghadapi Covid-19

Rabu, 13 Januari 2021 16:53 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Sekjen MUI: Vaksinasi dan Disiplin Prokes Ikhtiar Menghadapi Covid-19 Pendistribusian vaksin Covid-19 ke puskesmas. ©2021 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Amirsyah Tambunan, yang sekaligus mewakili Muhammadiyah turut berpartisipasi menjadi salah satu penerima vaksin Covid-19 perdana bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Amirsyah mengatakan vaksinasi merupakan salah satu ikhtiar yang dapat dilakukan umat bersamaan dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah semakin meluasnya penyebaran Covid-19.

"Banyak ikhtiar yang bisa kita lakukan. Salah satunya vaksinasi dan yang kedua menegakkan protokol kesehatan. Dengan iman, aman, insyaAllah kita imun," tuturnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/1).

Amirsyah menjelaskan vaksinasi Covid-19 yang digelar secara gratis bagi setidaknya 70 persen masyarakat Indonesia tersebut merupakan bagian dari ikhtiar umat untuk menciptakan kekebalan komunal bagi masyarakat Indonesia.

Pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebelumnya juga mengajak masyarakat untuk menyukseskan program vaksinasi ini.

Kemudian dia juga menuturkan melalui Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2021, vaksin yang digunakan dalam vaksinasi tersebut telah dinyatakan suci dan halal. Sehingga diharapkan dapat bermanfaat bagi kemaslahatan umat dan bangsa.

"Mohon doa, ikhtiar, dan tawakal kepada Allah. Semoga kita segera bisa terbebas dari pandemi Covid-19," ungkap Amirsyah. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini