Sekjen Demokrat harus pengalaman dan masih muda

Sabtu, 16 Mei 2015 12:33 Reporter : Henny Rachma Sari
Sekjen Demokrat harus pengalaman dan masih muda Konpers Kongres Partai Demokrat 2015. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Kongres Partai Demokrat di Surabaya beberapa waktu lalu bulat memilih Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali menduduki jabatan Ketua Umum Partai Demokrat. Namun dalam kongres tersebut belum ditunjuk siapa sekjen yang akan mendampingi SBY selama lima tahun mendatang.

Pengamat dari Populi Center Nico Harjanto berpendapat, sosok sekjen yang akan mendampingi SBY nantinya harus muda dan berpengalaman.

"Harus politisi berpengalaman tapi masih muda. Demokrat bisa mencari kadernya di DPR atau yang pernah menjadi menteri atau mereka yang menjadi motor penggerak partai. SBY sebagai ketum nyaman akan orang-orang yang pernah bekerja dengannya. Tentu akan memilih orang-orang yang pernah bekerja dengannya itu," kata Nico di sela-sela diskusi di Gado-gado Boplo, Sabtu (16/5).

Nico mengatakan, ada beberapa nama calon sekjen dari internal Demokrat yang layak mendampingi SBY, baik yang pernah menjabat sebagai ketua fraksi di DPR atau ketua komisi.

"Dari internal ada misalnya pernah di DPR lumayan lama, yang pernah menjadi ketua fraksi, ketua komisi, seperti Didi Irawadi, Michael Wattimena, Saan Mustopa atau Dede Yusuf," ungkap Nico.

Dia pun menambahkan, sosok dari luar internal Demokrat bisa saja menjadi Sekjen Demokrat, terutama mereka-mereka yang selama ini sudah dekat dengan SBY.

"Saya kira itu bagus. Demokrat membuka diri kepada tokoh-tokoh profesional agar partai makin besar. Ada nama-nama yang menjadi calon seperti Chairul Tanjung, Gita Wirjawan, Dino Patti Djalal, Chatib Basri yang pernah menjadi menteri SBY," imbuhnya. [war]

Topik berita Terkait:
  1. Kongres Demokrat
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini