Sekitar 10 Ribu UMKM di Kota Solo akan Dilatih Digitalisasi Bisnis

Jumat, 9 April 2021 04:33 Reporter : Arie Sunaryo
Sekitar 10 Ribu UMKM di Kota Solo akan Dilatih Digitalisasi Bisnis Wali Kota Gibran Rakabuming. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Sekitar 10 ribu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Solo akan dilatih dan dibantu untuk mendigitalisasi bisnisnya. Hal ini setelah Pemerintah Kota Solo menggandeng Gojek. MoU kerja sama ditandatangani Wali Kota Gibran Rakabuming dan perwakilan Gojek di Bale Tawangarum, Kamis (8/4).

Chief Public Policy and Government Relation Gojek, Shinto Nugroho mengatakan, program ini diluncurkan bertujuan meningkatkan transaksi dan menjaga keberlangsungan pendapatan bagi para pelaku UMKM Solo di tengah pandemi Covid-19.

"Kerja sama dengan Pemkot Solo ini merupakan langkah awal rangkaian kegiatan, yang rencananya akan dilakukan di Solo. Gojek akan membantu UMKM Solo untuk mendigitalisasi bisnisnya," kata Shinto kepada wartawan.

Selain digitalisasi UMKM, lanjut dia, Gojek juga mendukung program vaksinasi terutama di sektor pariwisata dan para pedagang. Sehingga diharapkan seluruh ekosistem mulai bergerak dan perekonomian bisa segera kembali pulih.

Pada kesempatan ini Gibran menyatakan bahwa era revolusi industri diharapkan dapat mendorong UMKM untuk go digital.

"Era revolusi industri 4.0, ini sebenarnya mempercepat dan sekaligus memaksa semua UMKM untuk go digital. Jadi saya sangat senang sekali dengan adanya kerjasama dengan Gojek ini. Harapannya UMKM Solo tidak lagi nunggu bola tapi harus jemput bola, go digital," katanya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. UMKM
  3. Digital
  4. Surakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini