Sejumlah Warga Sumbar Rayakan Idulfitri Lebih Awal dari Ketetapan Pemerintah

Sabtu, 23 Mei 2020 14:12 Reporter : Ya'cob Billiocta
Sejumlah Warga Sumbar Rayakan Idulfitri Lebih Awal dari Ketetapan Pemerintah Ilustrasi. ©2019 Ahmad Sujana

Merdeka.com - Jemaah Surau Buya Lubuak Landua Nagari Aua Kuniang yang berada di Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) merayakan Idulfitri pada Sabtu (23/5), atau lebih awal dari ketetapan pemerintah.

Warga yang melaksanakan salat Id berjalan aman dan lancar. Jemaah memadati Surau Buya Lubuak Landua. Salah seorang warga setempat, Nurmas mengatakan pelaksanaan Salat Idul Fitri dilaksanakan setelah jemaah menjalankan ibadah puasa Ramadan selama 30 hari sejak 23 April 2020.

"Satu hari lebih awal dari jadwal salat Idul Fitri dari pemerintah. Sebab pelaksanaan awal Ramadan juga lebih awal," katanya. Dikutip dari Antara.

Menurutnya sebagian besar jemaah yang ikut melaksanakan Salat Idul Fitri adalah masyarakat sekitar Lubuak Landua dan jemaah Buya Lubuak Landua di beberapa nagari atau desa sekitar Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat.

"Tahun sebelumnya banyak jemaah lain dari luar Nagari Aua Kuniang, namun tahun ini hanya masyarakat lokal," ujarnya.

Ia menyebutkan berkurangnya jumlah jemaah Salat Idul Fitri kali ini seiring dengan adanya wabah Covid-19, sehingga masyarakat luar banyak yang tidak datang.

"Semua jemaah merupakan warga sekitar Surau Lubuak Landua dan kami semua bersaudara," katanya.

Setiap tahun pelaksanaan salat Idul Fitri di Lubuak Landua lebih awal dari pemerintah. Hal itu sangat dihormati masyarakat Pasaman Barat karena ibadah puasanya juga selalu lebih dulu dari jadwal pemerintah. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Idul Fitri
  3. Lebaran 2020
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini