Sejumlah tokoh nasional dan Slank rayakan Hari Lahir Pancasila di UGM

Sabtu, 2 Juni 2018 05:34 Reporter : Purnomo Edi
Sejumlah tokoh nasional dan Slank rayakan Hari Lahir Pancasila di UGM Tokoh nasional dan Slank rayakan Hari Lahir Pancasila. ©2018 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Memperingati Hari Lahirnya Pancasila yang jatuh pada 1 Juni, Slank menggelar konser di Lapangan Pancasila UGM bertajuk #PancasilaRumahKita. Selain Slank adapula sejumlah tokoh nasional yang hadir dan memberikan orasinya.

Salah seorang tokoh nasional yang hadir adalah Gubernur DIY yang juga Raja Kraton Yogyakarta, Sri Sultan HB X. Dalam orasinya di depan ribuan Slankers, Sultan meminta masyarakat agar kembali memaknai Pancasila sebagai ideologi Indonesia. Selain itu sudah sejak 18 Agustus 1945, Pancasila menjadi rumah bersama.

"Kini rakyat bertanya mengapa bumi nusantara terus diusik oleh mereka yang mendua hati? Kenapa Pancasila selalu disulut ancaman radikalisasi dan intoleransi? Bukankah kita mendapatkan harmoni bukan antipati, damai bukannya bertikai?" kata Sri Sultan dalam orasinya, Jumat (1/6).

Sultan juga menyampaikan agar Pancasila tak dipuja layaknya sebuah jimat keramat. Tetapi Pancasila harus menjadi hikmat yang bermanfaat. Selain itu Pancasila janganlah hanya diteriakan sebagai bahasa basa-basi tetapi harus digemakan menjadi suara genta revolusi untuk menyatukan negeri.

Tokoh nasional dan Slank rayakan Hari Lahir Pancasila ©2018 Merdeka.com/Purnomo Edi

Tokoh lainnya yang memberikan orasi adalah Mantan Ketua PP Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif. Dalam orasinya, Buya mengingatkan bahwa sila kelima dalam Pancasila harus dijalankan dengan sungguh-sungguh.

"Satu hal, bahwa Pancasila terutama sila kelima keadilan sosial bagi rakyat Indonesia masih belum terpenuhi dengan sungguh-sungguh. Selain itu harus ingat pasal 33 UUD 1945 bahwa bumi dan air, serta seluruh kekayaan alam dikuasai oleh negara harusnya bisa digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat," urai Guru Besar UNY ini.

Dalam penampilannya, Slank membawakan berbagai lagu baik dari album pertama maupun album terakhirnya. Slank awalnya tampil dengan empat personelnya yaitu Kaka, Bimbim, Ridho dan Ivan. Usai jeda pembacaan orasi, gitaris Slank yang sempat vakum yaitu Abdee pun kemudian ikut naik ke panggung. Lagu I Miss U But I Hate U menjadi lagu pertama yang diiringi oleh Abdee. Penampilan Slank ini pun berhasil memuaskan ribuan penggemarnya yang memadati Lapangan Pancasila UGM. [fik]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini