Sejak dipegang Azwar Anas, kunjungan wisatawan ke Banyuwangi melonjak 200 persen

Selasa, 2 Januari 2018 10:28 Reporter : Nanang Ichwan
Sejak dipegang Azwar Anas, kunjungan wisatawan ke Banyuwangi melonjak 200 persen Bupati Banyuwangi Anas. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Bupati Kabupaten Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berhasil mengubah kabupaten berjuluk 'The Sunrise Of Java' itu menjadi daerah wisata paling diminati di Jawa Timur. Terbukti dari kunjungan wisatawan meningkat 200 persen.

Bahkan selama liburan akhir tahun 2017, peningkatan pengunjung wisatawan di salah satu destinasi wisata di Pantai Grand Watudodol, Kabupaten Banyuwangi, meningkat sangat drastis. "Kunjungan wisatawan meningkat pesat hingga 200 persen lebih," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, ketika meninjau pantai, Senin (1/1).

Menurut Anas, pihaknya bersyukur dengan peningkatan kunjungan wisatawan itu. Sebab, sambungnya, semakin meningkat kunjungan wisatawan, maka sangat berdampak pula bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Banyuwangi. "Kami berterima kasih kepada para wisatawan, karena itu memberikan keberkahan tersendiri bagi masyarakat Banyuwangi," ucapnya.

Pantai Grand Watudodol adalah wisata bahari tak jauh dari pusat Kabupaten Banyuwangi. Pantai itu dikelola berbasis masyarakat, bahkan menyumbang pendapatan daerah cukup besar. "Tempat ini menyumbang PAD sebesar Rp 600 juta dan masih akan terus bertambah," ungkap pejabat yang akan maju Pilgub Jatim mendampingi Saifullah Yusuf.

Meski demikian, peningkatan pengunjung wisatawan itu tidak terlepas dari peran Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, yang gencar mempromosikan wisata di Bumi Blambangan. Itu terbukti dari data yang dirilis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi menyebut, hingga bulan November 2017, kunjungan wisata di Kabupaten Banyuwangi mengalami kenaikan pesat.

Untuk wisatawan domestik mengalami peningkatan 0,4 juta, yaitu sebanyak 2,7 juta dari target sebanyak 2,3 juta. Begitupun dengan wisatawan mancanegara juga mengalami peningkatan, jumlahnya mencapai 75 ribu wisatawan atau meningkat sebanyak 30 ribu dari total target sebanyak 45 ribu. [hhw]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini