Seekor Paus Terdampar di Sungai Kong OKI

Senin, 25 Januari 2021 21:35 Reporter : Irwanto
Seekor Paus Terdampar di Sungai Kong OKI Paus Terdampar di Sungai Kong OKI. ©2021 Merdeka.com/Irwanto

Merdeka.com - Seekor paus terdampar di Sungai Kong, Desa Sungai Pedade, Kecamatan Tulung Selapan, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan. Di buntut ikan sepanjang tujuh meter itu terdapat luka besar.

Camat Tulung Selapan, Jemy mengungkapkan, lokasi terdamparnya paus berada di bibir pantai berlumpur tak jauh dari pemukiman, Minggu (24/1) pagi. Disinyalir paus itu terjebak di lumpur saat air pasang.

"Benar, ada paus terdampar di Sungai Kong, di bibir pantai berlumpur," katanya, Senin (25/1).

Dia mengatakan, warga sudah berusaha menarik paus seberat setengah ton itu dengan cara dua unit speedboat. Namun, tebalnya lumpur membuat upaya warga tak membuahkan hasil.

"Dari kemarin sudah diusahakan ditarik ke laut, tapi tidak berhasil karena lumpurnya terlalu dalam dan paus itu terlalu berat," ujarnya.

Menurutnya, pihaknya sudah melaporkan penemuan ini ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumsel dam Dinas Perikanan OKI. Dari pemeriksaan, terdapat luka di buntut ikan yang menyebabkannya tak bisa ke laut lepas.

"Ada luka di buntut, tapi tidak tahu penyebabnya," terangnya.

Jemy menambahkan, Sungai Kong berada di pesisir Laut Bangka dan terdapat area yang disebut laut dalam. Di sana terdapat populasi paus yang kerap ditemukan nelayan di tengah laut.

"Untuk jenis paus yang terdampar belum teridentifikasi, kami serahkan sepenuhnya ke BKSDA dan Dinas Perikanan," pungkasnya. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Paus Terdampar
  3. Ogan Komering Ilir
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini