Sederet Gelar Kehormatan dan Bintang Jasa Dibacakan Saat Pemakaman BJ Habibie

Kamis, 12 September 2019 13:54 Reporter : Hari Ariyanti
Sederet Gelar Kehormatan dan Bintang Jasa Dibacakan Saat Pemakaman BJ Habibie Paspampres Bawa Jenazah BJ Habibie Tinggalkan Rumah Duka. ©2019 Liputan6.com/Immanuel Antonius

Merdeka.com - Jenazah Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan sekitar pukul 13.35 WIB. Jenazah dibawa masuk ke dalam kompleks pemakaman sekitar pukul 13.45 WIB. Habibie dimakamkan di sisi makam mendiang istrinya, Hasri Ainun Habibie.

Prosesi pemakaman dilaksanakan secara militer dan dipimpin langsung Presiden Joko Widodo. Komandan upacara membacakan riwayat hidup Habibie. Mulai dari gelar pendidikan, gelar kehormatan, jabatan karirnya hingga jabatan sebagai Presiden. Bintang jasa dan bintang kehormatan dari negara-negara sahabat juga dibacakan. Mulai dari Jerman, Spanyol, Amerika Serikat, dan lain-lain.

Habibie adalah presiden RI pertama yang dimakamkan di TMP Kalibata. Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9) petang di RSPAD Gatot Soebroto.

Wakil Presiden Jusuf Kalla datang bersamaan dengan istrinya Mufidah Kalla dan para mantan Wapres yaitu Try Sutrisno, Boediono dan Hamzah Haz. Selain itu hadir juga istri mendiang Presiden RI keempat KH Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah.

Sejumlah pejabat tinggi negara menghadiri pemakaman. Termasuk duta besar negara sahabat. Sejumlah menteri yang hadir di antaranya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan.. Selain itu hadir juga Ketua KPU Arief Budiman, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini