Sebut Ada Penurunan Kasus Covid-19, Wapres Ingatkan Rakyat Tak Terlalu Bereuforia

Selasa, 30 Maret 2021 14:58 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Sebut Ada Penurunan Kasus Covid-19, Wapres Ingatkan Rakyat Tak Terlalu Bereuforia Wapres Resmikan Bandara Haji Muhammad Sidik. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan walaupun kasus Covid-19 di Indonesia terus menurun. Dia pun tidak ingin Tanah Air alami lonjakan kasus serupa seperti yang saat ini dialami Eropa dan Amerika.

"Walaupun sudah ada penurunan, supaya kita tidak terlalu euforia, sehingga kurang hati-hati sembrono tidak mematuhi PPKM, karena bisa saja yang sudah rendah tidak bisa mengelolanya bisa naik lagi, seperti beberapa negara di Eropa dan Amerika itu naik lagi nah kita tidak ingin," kata Ma'ruf usai saat meresmikan Bandara Haji Muhammad Sidik di Kota Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa (30/3).

"Karena itu tetap masalah prokes, 3M, 3T, PPKM," tambahnya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan saat ini di sejumlah negara di Eropa dan Asia kembali terjadi lonjakan kasus Covid-19. Penyebabnya munculnya jenis virus mutasi baru, yang juga sudah masuk ke Indonesia sejak awal tahun ini, serta mobilitas yang tinggi.

"Terkait lonjakan kasus Covid-19 di beberapa negara, saya ingin sampaikan bahwa meski kita sudah mengalami percepatan dalam vaksinasi, kita perlu berhati-hati mengatur laju penyuntikan," katanya.

"Karena adanya potensi embargo dari negara produsen vaksin yang mengalami lonjakan kasus di negaranya. Kita perlu mengatur ritme vaksinasi agar tidak ada kekosongan vaksin nantinya," tambahnya.

Dia menjelaskan lonjakan kasus di negara lain juga mengingatkan untuk waspada dengan menahan mobilitas dan mematuhi disiplin protokol kesehatan. Terlebih kata dia jenis mutasi virus baru Covid-19 sangat cepat menyebar.

"Hindari bepergian, paling tidak sampai pandemi benar-benar terkontrol. Kalau nanti terjadi lonjakan kasus, kasihan tenaga kesehatan kita akan kelelahan" ungkapnya. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini