Sebelum meninggal, istri sempat diajak bercanda oleh Hamzah Haz

Selasa, 12 September 2017 12:24 Reporter : Yunita Amalia
Sebelum meninggal, istri sempat diajak bercanda oleh Hamzah Haz Hamzah Haz jenguk Fuad Amin. ©2015 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Kabar duka menyelimuti wakil presiden ke-9 Republik Indonesia, Hamzah Haz. Istri Hamzah Haz, Asmaniah meninggal dunia di usianya ke-75. Hamzah Haz mengaku terkejut dengan kepergian mendadak sang istri.

"Kemarin pagi masih di sini bersama anak. Masih bercanda menjelang Maghrib. Saya turun masih bercanda, 'tidur enak sekali'. Saya tidak tahu kapan persis meninggalnya karena meninggal dalam (saat) tidur," ujar Hamzah Haz dengan raut wajah sembap, di kediamannya, Jakarta Selatan, Selasa (12/9).

Dini hari tadi, Hamzah Haz bercerita, sekitar pukul 03.00 WIB, dia hendak melaksanakan ibadah salat tahajud. Saat itu, sang istri masih terpantau sedang tidur.

Selang beberapa lama kemudian, pihak keluarga merasa ada yang aneh dengan Asmaniah. Sebab, biasanya suara dengkuran terdengar tiap kali Asmaniah tidur. Namun, kali ini berbeda. Tidak ada pergerakan apa pun, termasuk suara dengkuran yang biasa terdengar.

"Setelah kemudian anak-anak ini yang jaga memberi tahu saya ini ibu dingin sudah ini," tukasnya.

Mengetahui sang istri tiada, Hamzah pasrah meski terkejut. Dia meyakini meninggalnya sang istri menjadi jalan terbaik di sisi Allah. Mengingat perjuangan Asmaniah melawan penyakit kanker.

"Sakitnya ibu ini saya mendoakan mudah-mudahan ada mukjizat dan rahmat Allah sehingga ibu sembuh. Kanker tidak dapat dideteksi. Selama tiga bulan ini makan lewat perut. Semuanya kita akan kembali kepada Allah," pungkasnya dengan suara sendu.

Saat ini, jenazah tengah dibawa ke Jl Kebon Pedes no 26 Tanah Sereal, Kota Bogor untuk kemudian dimakamkan.

Beberapa pejabat negara pun hadir menyampaikan belasungkawa terhadap Hamzah Haz atas kepergian sang istri. Tak terkecuali, Presiden Joko Widodo. Presiden Jokowi, tiba di kediaman Hamzah Haz di Patra Kuningan, Jakarta Selatan sekitar pukul 08.47 WIB.

Ketua DPD, Oesman Sapta Odang juga hadir. Termasuk juga mantan Presiden ke-5 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono menyambangi rumah duka. [rzk]

Topik berita Terkait:
  1. Hamzah Haz
  2. Berita Duka
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini