Sebelum Dititip ke Rutan Salemba, Polri Lakukan Pencocokan Wajah Djoko Tjandra

Sabtu, 1 Agustus 2020 11:02 Reporter : Yunita Amalia
Sebelum Dititip ke Rutan Salemba, Polri Lakukan Pencocokan Wajah Djoko Tjandra Djoko Tjandra. ©ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Merdeka.com - Terpidana kasus hak tagih Bank Bali, Djoko Tjandra dipindahkan ke Rutan Salemba Mabes Polri pada Jumat malam. Sebelum ditempatkan di rutan, tim inafis Polri melakukan pencocokan terhadap wajah Djoko.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono menuturkan, dari hasil pencocokan teridentifikasi benar sosok yang ditangkap adalah Djoko Tjandra. Pencocokan ini dilakukan untuk memastikan tidak ada kekeliruan dalam penangkapan.

"Hasil pencocokan wajah oleh inafis dan hasil memang benar Djoko Tjandra," ujar Argo, Sabtu (1/8).

Buronan kasus korupsi hak tagih (cessie) Bank Bali itu sebelumnya ditangkap tim Mabes Polri bekerja sama dengan Kepolisian Diraja Malaysia di Kuala Lumpur.

Kabareskrim Polri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, menjelaskan alasan Djoko Tjandra dititipkan di cabang Rutan Salemba di Mabes Polri. Sebab menurutnya, ada sejumlah pemeriksaan yang harus dilakukan pihaknya pada yang bersangkutan.

"Ini tentunya memudahkan bagi Bareskrim Polri untuk melanjutkan penyelidikan dan pemeriksaan lebih lanjut terhadap saudara Djoko Tjandra," kata Listyo.

1 dari 1 halaman

Bareskrim Polri sedang menyelidiki sejumlah kasus terkait aktivitas Djoko Tjandra keluar masuk Indonesia meski berstatus buron. Selain itu, polisi akan mendalami terkait dugaan aliran dana.

"Kepentingan kami pemeriksaan terkait kasus yang terjadi yaitu keluar masuknya saudara Djoko Tjandra dan kepentingan pemeriksaan lain, maka saat ini yang bersangkutan dititipkan di Rutan cabang Salemba di Mabes Polri. Kita lanjutkan pemeriksaan terkait kasus yang berkaitan surat jalan, rekomendasi dan juga kemungkinan lidik terkait adanya aliran dana," jelasnya.

Listyo memastikan, hal ini hanya bersifat sementara. Selama penyidik memeriksa kasus ini. "Ini hanya sementara, setelah pemeriksaan selesai akan dikembalikan untuk ditempatkan di tempat sesuai kebijakan karutan Salemba," katanya.

Dia juga menjamin walaupun Djoko dititipkan di cabang Rutan Salemba Mabes Polri, tidak akan satu sel dengan Brigjen Prasetijo Utomo yang terjerat dalam kasus yang sama.

"Terkait penempatan tentunya kita pisahkan, kita masing-masing memiliki kepentingan untuk kami melakukan pendalaman, tak mungkin kita jadikan satu," pungkasnya.

Djoko Tjandra ditangkap di satu tempat di Kuala Lumpur, Malaysia pada Kamis (30/7). Penjemputan Djoko dipimpin langsung oleh Komjen Listyo Sigit. [ray]

Baca juga:
Kabareskrim Pastikan Djoko Tjandra dan Brigjen Prasetijo Utomo di Sel Terpisah
Alasan Polri Titipkan Djoko Tjandra di Cabang Rutan Salemba Mabes Polri
Dieksekusi Kejaksaan, Djoko Tjandra Dijebloskan ke Rutan Salemba Cabang Mabes Polri
Polri akan Serahkan Djoko Tjandra ke Kejaksaan Agung Malam Ini
KPK Ikut Usut Dugaan Suap Terkait Kaburnya Djoko Tjandra

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini