Sebabkan radiasi, warga minta tower telekomunikasi dibongkar

Kamis, 7 Maret 2013 15:47 Reporter : Arie Sunaryo
Sebabkan radiasi, warga minta tower telekomunikasi dibongkar tower BTS. shutterstock.com

Merdeka.com - Diduga menyebarkan radiasi buruk untuk kesehatan, sebuah tower telekomunikasi yang ada di kampung Jageran Kelurahan Ketelan, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, di demo warga. Puluhan warga yang berdemonstrasi, menuntut supaya tower bermasalah itu dibongkar.

Mujiyanto (51) warga Jageran RT 1 RW5 di sela-sela demo mengatakan, tower setinggi 62 meter itu menyebabkan radiasi yang mengakibatkan beberapa orang di antara mereka jatuh sakit.

"Sejak tower itu berdiri, banyak warga yang mengalami pusing-pusing," kata Mujiyanto di Solo, Kamis (7/3).

Selain itu, radiasi tower juga menyebabkan sinyal dan komponen elektronik televisi mereka rusak.

Informasi yang dihimpun merdeka.com, tower tersebut berdiri di atas tanah kosong milik seorang warga bernama Agung yang tinggal di kampung berbeda sejak 10 tahun lalu. Sedianya awal tahun ini masa kontrak antara perusahaan pemilik tower dengan pemilik tanah, sudah berakhir.

Warga yang merasa keberadaan tower itu membawa dampak merugikan, telah menemui pemilik tanah dan meminta agar kontrak tersebut tidak diperpanjang lagi. Tapi keinginan warga itu ternyata tidak mendapatkan tanggapan.

"Ternyata kontraknya sudah diperpanjang sampai 2020, tanpa sepengetahuan kami. Kami sudah disepelekan, padahal hampir semua warga di sekitar sini tak setuju. Kita minta tower ini segera dirobohkan," katanya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Demo
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini