Sebabkan 4 Rumah Terbakar, Sopir Pembawa Minyak Ilegal di Musi Banyuasin Ditangkap

Jumat, 1 Juli 2022 00:30 Reporter : Irwanto
Sebabkan 4 Rumah Terbakar, Sopir Pembawa Minyak Ilegal di Musi Banyuasin Ditangkap Mobil Minyak Ilegal Terguling dan Meledak di Musi Banyuasin. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Polisi meringkus sopir pikap pembawa minyak ilegal yang terguling sehingga menyebabkan empat rumah warga Musi Banyuasin terbakar. Pemilik dan pekerja sumur minyak ilegal itu pun turut ditangkap.

Pelaku MR (24) diamankan tim gabungan dari Satreskrim Polres Musi Banyuasin dan Ditreskrimsus Polda Sumatera Selatan di rumahnya di Kelurahan Mangun Jaya, Kecamatan Babat Toman, Musi Banyuasin. Dia sebelumnya kabur begitu mobil dan rumah warga terbakar.

Sementara pemilik dan pekerja sumur minyak ilegal, tempat MR mendapatkan minyak, AS (42) dan ZA, juga diringkus. Keduanya ditangkap di kediamannya di Desa Bintualo, Batang Hari Leko.

2 dari 3 halaman

Pelaku Berdalih Hindari Amukan Massa

Kasatreskrim Polres Musi Banyuasin AKP Dwi Rio Andrian mengungkapkan, tersangka MR mengaku baru menjalani bisnis jual beli minyak ilegal dengan modal Rp10 juta. Namun dia masih mencari tempat penjualan yang sesuai.

"Sopirnya sudah ditangkap bersama pemilik dan pekerja sumur ilegal, tempatnya membeli," ungkap Dwi, Kamis (30/6).

Saat kejadian, tersangka tak bisa mengendalikan mobilnya setelah bersenggolan dengan kendaraan lain. Dia mengira hanya mobilnya saja terbakar, namun api dengan cepat menyambar rumah warga.

Tersangka pun melarikan diri dengan cara menumpangi truk. Dia berdalih kabur untuk menghindari amukan massa.

"Ngakunya takut jadi sasaran emosi warga," kata dia.

Atas perbuatannya, ketiga tersangka dijerat Pasal 53 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas yang diubah dalam Pasal 40 angka ke-8 UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja juncto Pasal 188 KUHP dan Pasal 52 UU Nomor 22 tentang Minyak dan Gas yang diubah dalam Pasal 40 angka ke-7 UU Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja juncto Pasal 55 ayat (1) KUHP.

3 dari 3 halaman

Dua Warga Terluka

Sebelumnya, empat unit rumah warga Desa Ulak Teberau, Lawang Wetan, Musi Banyuasin, hangus terbakar akibat mobil pengangkut minyak ilegal terguling lalu meledak.

Peristiwa itu terjadi saat mobil pikap tanpa nomor polisi bersenggolan dengan kendaraan dari arah berlawanan, Rabu (29/6). Kendaraan itu terguling dan minyak ilegal tumpah ke persawahan dan rumah warga.

Beberapa saat kemudian muncul percikan api. Pikap meledak dan api menyambar rumah sehingga terjadi ledakan hebat.

Selain empat rumah, kebakaran itu menyebabkan dua warga mengalami luka. Lima mobil pemadam datang ke lokasi dan api dapat dipadamkan dua jam kemudian. [yan]

Baca juga:
Mobil Minyak Ilegal Terguling Lalu Meledak, 4 Rumah Warga Musi Banyuasin Terbakar
Mobil Terbakar di SPBU Ungaran, Polisi Temukan Tangki Tambahan
Kebakaran di Kantor LBH Jayapura Papua, Staf Dengar Bunyi Ledakan
Modifikasi Tangki untuk Timbun BBM, Mobil Jazz Terbakar di SPBU Aceh Besar
Kronologi Lengkap Mobil Tabrak Ruko Lalu Terbakar dan Tewaskan 7 Orang di Samarinda
Tak Terima Diputus, Mantan Napi di Bengkalis Bakar Mobil Pacar

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini