Seba Baduy, warga sedih 'Ibu Gede' ditahan KPK

Sabtu, 3 Mei 2014 12:37 Reporter : Dwi Prasetya
Seba Baduy, warga sedih 'Ibu Gede' ditahan KPK Suku Baduy. ©2013merdeka.com/m. luthfi rahman

Merdeka.com - Setiap tahun, warga Suku Baduy di Lebak melakukan ritual Seba Baduy yakni berkunjung kepada pemimpin formal untuk bersilaturahmi. Selain menemui bupati dan wali kota di jalan yang mereka lalui, warga Baduy ini biasanya menggelar pertemuan dengan gubernur Banten. Namun, tahun ini Ratu Atut absen dalam pertemuan karena telah menjadi tahanan KPK dalam kasus suap pilkada lebak.

Acara Seba Baduy tahun ini kembali digelar di Pendopo Gubernur Banten di Kota Serang, Sabtu (3/5). Beberapa dari warga yang hadir mengaku sudah tahu jika Gubernur Atut menjadi tahanan KPK, namun mereka tetap tak percaya.

"Kaget pas mendengar Ibu Gede (Ibu Atut) ditahan. Tidak percaya juga. Tahunya sudah lama dari teman," ujar Armah, salah satu anggota Suku Baduy yang tinggal di Cikartawana, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, di lokasi acara.

Armah juga mengaku sedih mendengar kabar ditahannya Ratu Atut, yang dikenal baik oleh warga suku Baduy. Dirinya juga sempat tidak yakin adanya kabar penahanan yang dilakukan oleh KPK.

"Sudah lama tahunya (Atut ditahan). Tidak tahu ditahan karena apa, tapi kami sedih mendengarnya. Ibu Gede mah baik," ujar Armah dalam bahasa Sunda.

Selama ini, kata Armah, Ratu Atut tidak pernah absen menerima warga Baduy yang melakukan tradisi Seba Baduy. Dia pun mengatakan tidak masalah jika tahun ini, Seba Baduy dihadiri Wagub Rano Karno.

Masyarakat Suku Baduy melaksanakan tradisi yang sudah menjadi turun temurun semenjak zaman nenek moyang mereka, yaitu Seba Baduy.

Sebanyak 1.027 orang yang terdiri dari Suku Baduy dalam maupun Baduy luar akan melakukan Seba Baduy, mereka akan menempuh beberapa tempat yaitu Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang dan Kota Serang dengan berjalan kaki.

Mereka menemui pemimpin formal dalam hal ini kepala daerah yang mereka sebut dengan Ibu Gede atau Bapak Gede sambil membawa berbagai hasil bumi seperti pisang, kelapa, gula aren dan sayur sayuran.

Upacara Seba Baduy juga dilakukan tadi malam di Pendopo Bupati Kabupaten Lebak. Masyarakat Suku Baduy bertemu dengan Bupati Lebak Iti Jayabaya. Siang ini ribuan warga suku baduy telah sampai di Kota Serang. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini