SBY kembali tidak hadir di sidang tahunan MPR

Kamis, 16 Agustus 2018 09:51 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
SBY kembali tidak hadir di sidang tahunan MPR Gedung DPR. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Sidang tahunan MPR-DPR-DPD digelar jelang HUT RI ke-73 pada 17 Agustus 2018 besok. Sidang ini dihadiri mantan-mantan Presiden dan Wakil Presiden. Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri Presiden ke-3 BJ Habibie juga hadir.

Begitu juga mantan Wakil Presiden Boediono dan Wakil Presiden keenam Try Sutrisno. Namun, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono kembali absen dalam sidang tahunan MPR-DPR-DPD tahun ini. Sejak Jokowi menjadi presiden, SBY memang tidak pernah hadir dalam sidang tahunan.

Megawati hadir bersama putrinya Puan Maharani pukul 08.50 WIB, sepuluh menit sebelum acara dimulai. Megawati mengenakan kebaya krem, sementara Puan memilih kebaya putih.

Dalam pidatonya, pimpinan sidang tahunan yang juga Ketua MPR Zulkifli Hasan menyapa para mantan Presiden dan Wakil Presiden. Dia mendoakan para mantan Presiden dan Wapres diberi kesehatan oleh Allah SWT.

"Kita doakan beliau agar tetap sehat," kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8).

Rangkaian sidang tahunan dimulai pada pukul 09.00 WIB. Sidang diawali dengan rangkaian seremonial pembuka, kemudian dilanjutkan dengan acara pembukaan sidang tahunan oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan pidato Presiden Joko Widodo tentang laporan kinerja lembaga negara.

Acara kedua yakni sidang bersama DPR-DPD akan dilaksanakan pukul 10.40 WIB.
Ketua DPR Bambang Soesatyo akan berpidato sekaligus membuka sidang. Presiden juga akan menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun RI.

Adapun acara terakhir merupakan sidang pidato Presiden dalam rangka penyampaian RAPBN 2018. Acara diawali pidato Ketua DPR RI Bambang Soesatyo untuk dan dilanjutkan pidato Presiden.

Kemudian selanjutnya, penyerahan RUU tentang APBN Tahun 2018 beserta nota keuangan dan dokumen pendukung kepada Ketua DPR RI. [eko]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini