SBY Ingatkan Prancis: Hentikan Buat Karikatur Nabi Muhammad, Sangat Melecehkan Islam

Senin, 2 November 2020 10:38 Reporter : Merdeka
SBY Ingatkan Prancis: Hentikan Buat Karikatur Nabi Muhammad, Sangat Melecehkan Islam Presiden SBY. ©Rumgapres/Abror Rizki

Merdeka.com - Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta Prancis untuk menghentikan pembuatan karikatur Nabi Muhammad SAW. SBY menilai, langkah itu begitu menyakiti perasaan umat Islam di seluruh dunia.

"Nah, di sinilah saatnya saya harus berkata langsung. Hentikanlah membuat karikatur Nabi Muhammad. Sekali lagi, hentikanlah. Tindakan itu sangat melukai, menghina, melecehkan dan bahkan menantang umat Islam di seluruh dunia," tegas SBY dalam keterangan tulis, Senin (2/11).

"Ini sungguh serius. Saya tidak mendramatisasi dan melebih-lebihkan," sambungnya.

Mantan Ketum Demokrat itu paham jika tesis yang berkembang saat ini terjadi jurang pemisah antara Barat dengan Timur, khususnya dunia Islam. Akan tetapi menurutnya, bukan berarti pimpinan negara memperkuat tesis ini. Mestinya mereka harus menjadi jembatan penghubungan antara dua kebudayaan tersebut.

"Saya mengerti teori Huntington tentang Clash of Civilization dan pandangan Dominique Moisi tentang Geopolitics of Emotion, yang menggambarkan adanya masalah yang fundamental dalam hubungan dunia Barat dan dunia Islam. Justru di sinilah saya berpikir dan berpendapat, perlunya membangun jembatan atau dialog antara Islam dan Barat, agar satu sama lain saling memahami," ujar SBY.

Baca Selanjutnya: Kebebasan Ada Batas...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini