Saudi mulai didesak libatkan negara lain atur penyelenggaraan haji

Sabtu, 26 September 2015 08:42 Reporter : Siti Nur Azzura
Saudi mulai didesak libatkan negara lain atur penyelenggaraan haji Ilustrasi Crane Jatuh di Makkah. ©2015 Merdeka.com
Pelaksanaan ibadah haji tahun ini diwarnai berbagai musibah. Mulai dari robohnya alat pengangkut alat konstruksi atau crane, dan tewasnya ratusan jemaah haji saat melempar Jumrah di Mina.

Merdeka.com - Adanya musibah-musibah tersebut mengundang perhatian dari berbagai pihak, salah satunya Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Setya Novanto. Sebab dari kedua musibah tersebut, ribuan nyawa menjadi korban, baik yang luka maupun yang meninggal.

Novanto yang saat ini sedang melaksanakan ibadah haji itu berencana akan melakukan pertemuan dengan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz. Pertemuan tersebut, akan dijadikan ajang bagi DPR untuk memberikan saran dan masukan pasca tragedi Mina dan masalah seputar ibadah haji lainnya.

Menurutnya, saat ini Pemerintah Arab Saudi sudah seharusnya melibatkan seluruh negara di dunia untuk membantu menyelesaikan masalah haji. Sehingga musibah yang terjadi saat pelaksanaan haji tahun ini tidak akan terulang lagi di tahun yang akan datang.

"Saya berpendapat saat ini sudah waktunya penyelenggaraan ibadah haji harus melibatkan seluruh negara di dunia, khususnya negara dengan penduduk Islam terbesar seperti Indonesia, agar seluruh permasalahan haji berikut langkah-langkah penyelesaiannya, dapat meminimalisasikan insiden seperti yang terjadi di Mina kemarin," kata Novanto dalam siaran persnya, Jumat (25/9).

Selain itu, Novanto juga mendesak Organisasi Konferensi Islam Dunia (OKI) yang terdiri dari negara-negara yang berpenduduk mayoritas muslim untuk mengambil tindakan penanganan yang diperlukan dalam merespons insiden Mina. Sekjen OKI saat ini, Iyad bin Amin Madani, berasal dari Arab Saudi.

Bukan hanya itu, dia juga meminta pemerintah Indonesia dan negara-negara Islam lain untuk lebih aktif menyumbangkan pemikirannya untuk penyelenggaraan haji yang lebih baik.

"Kepada pemerintah kita dalam hal ini Presiden Jokowi, saya harap dan yakin jika beliau akan ikut menyuarakan dan berkontribusi penuh dalam permasalahan ini, sekaligus ikut memberikan solusi bagaimana penyelesaian permasalahan Mina agar tidak terulang pada musim haji berikutnya," ujarnya [ary] SELANJUTNYA

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini