Satu Pemeran Pria Video 'Vina Garut' Positif HIV, Pemeriksaan Tunggu Hasil Terapi

Selasa, 20 Agustus 2019 13:49 Reporter : Mochammad Iqbal
Satu Pemeran Pria Video 'Vina Garut' Positif HIV, Pemeriksaan Tunggu Hasil Terapi Perempuan pemeran video Vina Garut. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Kepolisian Resor Garut bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Garut memeriksa kondisi kesehatan tiga orang yang menjadi tersangka dalam kasus pornografi 'Vina Garut'. Berdasarkan hasil pemeriksaan darah dari tiga tersangka, satu di antaranya dinyatakan positif HIV sedangkan dua lainnya negatif.

"Satu tersangka yang positif virus HIV adalah A (31). A ini adalah salah satu pemeran dan mantan suami dari pemeran perempuan dalam video tersebut," ujar Kasat Reskrim Polres Garut, AKP Maradona Armin Mappaseng di Mapolres Garut, Selasa (20/8).

Polisi terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk memeriksa tersangka A lebih lanjut. Selain itu, polisi meminta agar virus tersebut dipelajari agar diketahui asal usulnya dari mana.

Sejak dilakukan penangkapan, polisi tak menahan A karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan. A hingga saat ini masih menjalani terapi sampai kondisinya membaik dan kemudian diperiksa di Polres Garut.

Maradona menyebut bahwa kemungkinan A melarikan diri sangat kecil karena tidak bisa berdiri dengan kakinya sendiri. "Saat kita tangkap saja untuk dusuk tidak bisa sehingga kita lebih memilih untuk tidak menahan," katanya.

Untuk dua tersangka lainnya, V (19) dan B (41) yang dinyatakan negatif Hiv oleh Dinas Kesehatan, disebutnya akan tetap memerlakukan tersangka namun secara khusus atas saran Dinas Kesehatan.

"Status negatif HIV itu bisa berubah karena masa inkubasinya 5 tahun. Artinya V dan B ini belum tentu tidak terjangkit karena terakhir melakukan pada oktober 2018. Tapi memang sementara untuk keduanya negatif," tukasnya.

Polisi masih terus mendalami motif kasus tersebut. Selama ini, A menjajakan istrinya melalui media sosial Twitter.

V diketahui merupakan warga Tarogong Kidul, sedangkan A warga Tarogong Kaler, Garut. Keduanya sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Selain V dan A, seorang pria berinisial B yang ada dalam salah satu video menyerahkan diri, Rabu (14/8). "B ini statusnya masih sebagai saksi. Dia mengaku ada dalam salah satu video," ungkapnya.

Polisi juga sudah mengantongi identitas pria lain yang ada dalam video mesum tersebut. Saat ini polisi tengah mengejarnya.

"Untuk proses pemeriksaan sementara yang sudah kita periksa, mereka tahu aksinya direkam, namun tidak tahu kalau videonya akan diperjualbelikan," tandasnya. [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini