Satu orang hilang dihantam arus laut Alor

Minggu, 24 September 2017 04:33 Reporter : Ananias Petrus
Satu orang hilang dihantam arus laut Alor Pencarian penumpang kapal tenggelam di laut Alor. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Perahu motor Kenangan Indah tujuan Kalabahi Alor - Balauring Lembata, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (23/9), nyaris tenggelam dihantam arus laut di perairan Alor Kecil, Kecamatan Alor Kecil atau lebih dikenal dengan nama mulut kumbang. Akibat peristiwa ini, 1 orang penumpang dilaporkan tenggelam dan menghilang. Selain mengangkut 15 orang penumpang dan 4 orang kru, kapal ini juga mengangkut Sembako kurang lebih 3 Ton.

Informasi yang dihimpun merdeka.com, pada Pukul 23.00 wita, kapal penumpang Kenangan Indah berangkat dari Pelabuhan Kalabahi menuju ke Balauring Lembata, yang dikemudikan oleh Abdul Rasyd. Pada Pukul 00.10 Wita, kapal telah berlayar sampai di wilayah Perairan Pantai Makasar, Desa Alor Kecil, Kecamatan Alor Barat Laut, haluan kanan kapal terkena hantaman arus laut yang berputar. Kejadian tersebut membuat kapten kehilangan kendali, sehingga kapal tersebut terombang-ambing di dalam putaran arus tersebut.

Melihat Kapal sudah tidak dapat dikendalikan, kapten kapal mencoba untuk menghidupkan kembali mesin. Namun karena kondisi kapal sudah dipenuhi air, kru kapal pasrah hingga arus membawa kapal ke pantai.

Setelah kapal lolos dari kecelakaan tersebut, para penumpang dan kru kapal baru menyadari salah satu penumpang yakni Hasannudin Basir tidak berada di dalam kapal dan diduga jatuh ke laut pada saat kapal terombang ambing di dalam pusaran arus laut.

Kapolres Alor AKBP Patar Silalahi mengatakan, setelah menerima laporan dari masyarakat, pihaknya langsung menginstruksikan Pol Air dan piket Siaga mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP).

"Kita ke TKP guna membantu proses evakuasi korban dari perahu motor serta megumpulkan baket dan mengamankan para kru kapal guna dimintai keterangan terkait kejadian tersebut," ujarnya.

Menurut Kapolres, para korban selamat dalam keadaan aman. Untuk sementara mereka diinapkan Sampai dengan laporan ini di rumah warga sekitar Desa Alor kecil.

"Sedangkan untuk 1 orang korban hilang sampai dengan saat ini telah dilakukan pencarian oleh Tim SAR gabungan yang dibantu oleh warga belum di temukan," katanya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tewas Tenggelam
  3. Kapal
  4. Kupang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini