Satu Napi Sukamiskin Positif Covid-19, Petugas Jalani Swab Tes

Kamis, 17 September 2020 11:52 Reporter : Aksara Bebey
Satu Napi Sukamiskin Positif Covid-19, Petugas Jalani Swab Tes Lapas Sukamiskin. ©2015 merdeka.com/andrian salam wiyono

Merdeka.com - Petugas dan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Kota Bandung menjalani swab tes metoda PCR. Ini dilakukan setelah narapidana kasus korupsi yang juga mantan Bupati Indramayu, Supendi dinyatakan positif Covid-19.

Supendi terkonfirmasi positif berdasarkan hasil tes swab yang dilaksanakan pada Rabu (9/9) lalu bersama beberapa napi lain. Setelah hasilnya diketahui beberapa hari kemudian, pihak Lapas langsung berkoordinasi untuk mengisolasi Supendi.

"Ada beberapa (warga binaan) yang kita tes. Di awal juga kita sudah rapid semua hasilnya non reaktif. Belakangan saya bikin kebijakan swab, ternyata ditemukan ini. Satu ini saja (Supendi)," ujar Kalapas Sukamiskin Thurman Hutapea, Kamis (17/9/2020).

Tindak lanjut dari temuan ini, Supendi menjalani isolasi di Rumah Sakit Hermina, Pasteur, Kota Bandung. Selain itu, semua ruangan dan fasilitas di Lapas Sukamiskin disterilisasi dengan disinfektan.

Langkah lain adalah melakukan pelacakan terhadap orang yang berkontak erat dengan Supendi. Hasilnya, ada sekitar 57 orang yang harus menjalani pengetesan Covid-19.

"Kemudian yang kita duga hasil tracing kita sekitar 57 itu warga binaan dan petugas kita rapid tes kemarin, hasilnya non reaktif. Dan hari ini hasil tracing kita kemarin, tes swab terhadap 57 diambil sampling 15 orang 12 dari petugas 3 dari warga binaan. Mudah-mudahan hasilnya baik kita tunggu," terang dia.

"Kita juga menyemprot disinfektan seluruh kamar hunian, rumah ibadah hingga ruang kantor," pungkasnya. [ded]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini