Satgas: Tidak Ada Bukti Hewan Terinfeksi Covid-19 Dapat Menularkan Virus ke Manusia

Selasa, 3 Agustus 2021 18:45 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Satgas: Tidak Ada Bukti Hewan Terinfeksi Covid-19 Dapat Menularkan Virus ke Manusia Anies Baswedan Kunjungi Harimau Positif Covid-19. Instagram/@aniesbaswedan ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Tidak ada bukti menunjukkan hewan yang terinfeksi Covid-19 bisa menularkan virus ke manusia. Hal itu ditegaskan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito.

"Penting diketahui bahwa sejauh ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa hewan yang terinfeksi Covid-19 dapat menularkan virus ke manusia," katanya dalam tayangan virtual, Selasa (3/8).

Oleh sebab itu, Wiku mengimbau masyarakat yang memiliki hewan peliharaan tidak panik. Namun demikian, dia meminta pemilik hewan terus rajin merawat peliharaannya.

"Oleh karena itu masyarakat pemilik hewan peliharaan diimbau untuk tidak panik dan selalu merawat dan memenuhi kesejahteraan hewan pelirahaannya," ucapnya.

Meski begitu, Wiku mengingatkan masyarakat yang terinfeksi virus corona tidak melakukan kontak dengan hewan. Kemudian, segera periksa hewan peliharaan ke dokter jika timbul gejala penyakit.

"Hindari kontak dengan hewan peliharaannya ketika sedang terinfeksi Covid, kurangi kontak hewan dengan orang yang belum divaksin, serta periksakan hewan peliharaan ke dokter hewan apabila menunjukkan gejala," pungkasnya. [lia]

Baca juga:
Satgas Covid-19: 2 Pekan Terakhir Kasus Positif Nasional Turun
Seorang Warga di Sleman Sebabkan 42 Orang Positif Corona
Satgas Minta Provinsi di Sumatera, Kalimantan & Sulawesi Waspada Kasus Covid Naik
Kasus Korban Kecelakaan di Kupang Positif Corona, Polisi Amankan Seorang ASN
Satgas-19 Sebut Tingkat Keterisian Tempat Tidur RS Turun Signifikan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini