Satgas Terbuka untuk Kerja Sama Jika Vaksin Pfizer Efektif

Kamis, 12 November 2020 19:48 Reporter : Rifa Yusya Adilah
Satgas Terbuka untuk Kerja Sama Jika Vaksin Pfizer Efektif Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. ©2020 kemenkes

Merdeka.com - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menjelaskan Indonesia bersikap terbuka terhadap kandidat vaksin Covid-19 yang dinilai cocok dan efektif. Termasuk vaksin yang sedang dikembangkan perusahaan farmasi Amerika Serikat (AS) Pfizer dan BioNTech dari Jerman.

Baru-baru ini, analisis interim terhadap vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan Pfizer dan BioNTech menyebutkan tingkat efektivitas hingga 90 persen dalam menangkal virus SARS CoV-2.

"Pada prinsipnya, pemerintah Indonesia terbuka dengan kandidat vaksin yang cocok dan efektif. Namun, juga tetap harus mempertimbangkan berbagai aspek pendukung, aspek kandidat vaksin tersebut," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito dalam telekonfrensi pers di Jakarta, Kamis (12/11).

Wiku mengatakan untuk berhasil menangani pandemi Covid-19, perlu ada sinergi antara pemerintah, masyarakat, swasta, hingga lembaga internasional. "Kolaborasi ini nantinya akan semakin meningkatkan efektivitas," ujarnya.

Awal pekan ini, Pfizer menyatakan vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan mencapai efektivitas hingga 90 persen. Klaim tersebut berdasarkan analisis sementara atas penelitian yang melibatkan 43.538 sukarelawan.

Badan Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS (FDA) menetapkan batas efektivitas minimum vaksin pada 50 persen. Penelitian dari Pfitzer menjadi kandidat vaksin Covid-19 pertama dengan hasil melampaui batas efektivitas tersebut.

Namun, menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), vaksin yang menggunakan mRNA sintesis untuk mengaktifkan sistem imun melawan virus itu harus disimpan pada suhu minus 70 derajat Celsius (-94 F) atau lebih rendah. Hal itu menjadi tantangan bagi negara-negara yang ingin mendistribusikannya. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini