Satgas soal Usulan Vaksinasi Lansia Door to Door: Saat Ini Hanya Bisa di Faskes

Selasa, 23 Februari 2021 21:17 Reporter : Supriatin
Satgas soal Usulan Vaksinasi Lansia Door to Door: Saat Ini Hanya Bisa di Faskes Warga lansia ikuti vaksinasi Covid-19. ©2021 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan vaksinasi Covid-19 untuk lansia di atas 60 tahun saat ini hanya bisa dilakukan di fasilitas kesehatan. Pernyataan ini menanggapi usulan vaksinasi Covid-19 untuk lansia dilakukan secara door to door.

"Untuk saat ini vaksinasi hanya dapat dilakukan di fasilitas kesehatan (faskes) baik di puskesmas atau di rumah sakit," katanya dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Selasa (23/2).

Usulan vaksinasi Covid-19 untuk lansia dilakukan secara door to door berawal dari keluhan masyarakat bingung melakukan pendaftaran secara daring. Sementara itu, sejumlah sasaran lansia mengalami kendala internet sehingga sulit untuk mendaftarkan diri untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

Wiku menuturkan, pendaftaran vaksinasi Covid-19 bagi lansia bisa melalui situs kemkes.go.id. Dia berharap, fasilitas pelayanan kesehatan masing-masing daerah turut membantu lansia untuk melakukan pendaftaran vaksinasi Covid-19 melalui situs tersebut.

"Kami harap dinkes, fasyankes di daerah serta posko satgas di daerah sampai pada level RT RW juga bisa mebantu koordinir pendaftaran vaksinasi lansia. Terutama bantuan bagi masyarakat yang kesusahan mengakses laman pendaftaran," ujarnya.

Selain situs kemkes.go.id, pendaftaran vaksinasi Covid-19 lansia juga bisa melalui sebuah organisasi atau instansi. Pada model pendaftaran kedua ini, organisasi atau instansi tersebut harus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau dinas kesehatan setempat.

"Apabila ditemui kendala dalam proses pendaftaran maka dapat hubungi Kemenkes di nomor 119 ext 9," sambungnya.

Sebagai informasi, pemerintah telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap satu dan dua. Vaksinasi tahap satu yang dilaksanakan sejak 13 Januari 2021 menyasar tenaga kesehatan. Target tenaga kesehatan yang akan divaksinasi Covid-19 di Indonesia mencapai 1.468.764 orang.

Sedangkan vaksinasi tahap dua untuk petugas pelayanan publik, lansia di atas 60 tahun hingga pedagang pasar. Vaksinasi tahap dua mulai dilaksanakan pada 17 Februari 2021. Target sasaran vaksinasi Covid-19 tahap dua mencapai 38.513.446 orang.

Sedangkan vaksinasi tahap tiga direncanakan mulai dilaksanakan pada Juni 2021. Sasaran vaksinasi tahap tiga merupakan masyarakat rentan terinfeksi Covid-19. Total sasaran vaksinasi Covid-19 di Indonesia sebanyak 181.554.465 orang.

[ded]

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini