Satgas Dorong Pemda Siapkan Rumah Sakit Khusus Covid-19 Saat Penyelenggaraan PON

Kamis, 12 Agustus 2021 14:53 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah
Satgas Dorong Pemda Siapkan Rumah Sakit Khusus Covid-19 Saat Penyelenggaraan PON Ketua Harian Satgas Covid-19 Papua. Antara

Merdeka.com - Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua mendorong pemerintah daerah setempat segera menyediakan rumah sakit yang khusus menangani pasien Covid-19 di wilayahnya guna mengantisipasi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX. Hal ini sebagai salah satu langkah yang diambil untuk kesiapsiagaan menghadapi pelaksanaan PON XX.

"Apalagi dengan adanya PON, maka rumah sakit khusus untuk penanganan Covid-19 ini harus segera dipersiapkan," kata Ketua Harian Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua Welliam R. Manderi di Jayapura, Kamis (12/8).

Menurut Manderi, khususnya di empat kluster penyelenggara PON XX Papua, keberadaan rumah sakit rujukan tersebut menjadi perhatian.

"Kami bertekad para atlet, ofisial dan tamu PON yang datang ke Papua dapat merasa aman serta nyaman," ujar dia.

Dia menjelaskan khusus untuk penyelenggaraan PON, pihaknya berharap masyarakat di sekitar arena bisa segera divaksinasi secara tuntas.

"Pasalnya, PON bisa dihadiri penonton atau tidak, salah satunya juga melihat sudah berapa persen warga yang divaksinasi pada empat kluster penyelenggara," kata dia.

Dia menambahkan pihaknya berharap masyarakat tuntas divaksinasi dosis pertama dan kedua agar dapat menyaksikan PON XX berlangsung di masing-masing arena.

Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) Papua 2020 dipastikan tetap digelar sesuai jadwal, di tengah gelombang kedua pandemi Covid-19 di Indonesia. PON Papua rencananya bakal berlangsung pada 2-15 Oktober 2021, disusul oleh Peparnas pada 2-15 November 2021. [gil]

Baca juga:
CEK FAKTA: Hoaks Pesan Berantai Soal Penerimaan Kru untuk PON XX Papua 2021
Dukung PON XX Papua, Angkasa Pura I Percantik Bandara Sentani
Arena PON XX Papua Telah Siap 100 Persen
Maskot PON XX Papua Hiasi Bundaran HI
Gubernur Papua Sebut Warga yang Ingin Menonton PON XX Wajib Sudah Divaksin

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini