Satgas Covid: Informasi Pencabutan Status Pandemi adalah Tidak Benar

Minggu, 6 Maret 2022 17:07 Reporter : Eko Prasetya
Satgas Covid: Informasi Pencabutan Status Pandemi adalah Tidak Benar Ilustrasi Covid-19. Liputan6 ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyatakan bahwa informasi yang menyebutkan tentang pencabutan status pandemi Covid-19 tidak benar. Satgas dalam keterangannya menyebutkan bahwa pernyataan 'Pandemi Covid-19 dicabut dan dinyatakan tidak berlaku' merupakan potongan dari kalimat pada bagian penutup Surat Edaran Kepala Satuan Tugas Penanganan Covid-19 No. 9 Tahun 2022 tentang protokol kesehatan perjalanan luar negeri pada masa pandemi Covid-19.

Pernyataan lengkap pada bagian penutup poin kedua surat edaran itu berbunyi: Dengan berlakunya Surat Edaran ini, maka Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Namun pernyataan itu dipotong bagian awalnya dan hanya bagian akhirnya saja yang disebarkan. Demikian dilansir Antara, Minggu (3/6).

Surat Edaran yang ditandatangani oleh Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto pada 2 Maret 2022 tidak mencabut status pandemi, tetapi mencabut surat edaran sebelumnya mengenai protokol perjalanan luar negeri pada masa pandemi Covid-19.

Warga bisa mengakses informasi mengenai penanganan Covid-19 dan ketentuan-ketentuan pemerintah mengenai upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit tersebut dari laman resmi Satuan Tugas Penanganan Covid-19. [eko]

Baca juga:
Syarat Perjalanan Luar Negeri Terbaru Maret 2022
Pakar Sebut Kerentanan Terhadap Covid-19 Bisa Meningkat Semasa Pancaroba
Update Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Per 6 Maret 2022
Update Covid-19 Hari Ini Minggu 6 Maret 2022
Arab Saudi Cabut Aturan Wajib Pakai Masker dan Pembatasan Covid-19 Lainnya
Satgas Sebut Kasus Covid-19 di Jawa dan Bali Sudah Menurun, Kecuali Jateng dan DIY

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini