Satgas Covid-19: Warga di Atas 45 Tahun Sebisa Mungkin Jangan Keluar Rumah

Kamis, 17 September 2020 17:36 Reporter : Merdeka
Satgas Covid-19: Warga di Atas 45 Tahun Sebisa Mungkin Jangan Keluar Rumah Jam pulang kantor di kawasan Sudirman saat PSBB. ©2020 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengimbau agar masyarakat yang berusia di atas 45 tahun tidak beraktivitas di luar rumah. Pasalnya, hampir 80 persen kasus kematian akibat Covid-19 di tanah air berasal dari kelompok usia 45 tahun ke atas.

"Kelompok usia ini harus benar-benar menjaga kesehatan dan sebisa mungkin tidak berkegiatan di luar rumah dan tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat," ujar Wiku dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (17/9).

Jika terpaksa keluar rumah, dia meminta agar masyarakat yang berada di usia 45 ke atas betul-betul disiplin menerapkan protokol kesehatan. Hal ini untuk mencegah penularan virus corona.

"Hindari menggunakan transportasi umum untuk mencegah penularan," ucap Wiku.

Di sisi lain, dia juga meminta kelompok usia produktif yaitu, 19-45 tahun untuk berhati-hati saat berinteraksi dengan kelompok rentan. Hal ini mengingat 55 persen kasus positif Covid-19 di Indonesia didominasi oleh kelompok usia produktif.

"Kelompok usia produktif dengan mobilitas yang relatif tinggi dan frekuensi interaksi sosial juga tinggi berpotensi menjadikan mereka sebagai carrier yang dapat menularkan Covid-19 kepada keluarganya, kerabatnya ataupun kelompok orang-orang yang berusia rentan dan tinggal bersama mereka," jelas Wiku.

Wiku menyampaikan, persentase kematian akibat Covid-19 di Indonesia sebesar 4 persen. Jumlah ini masih tinggi dari rata-rata angka kematian dunia yakni 3,15 persen.

"Ini adalah tugas kita bersama untuk dapat menurunkan jumlah dan persentase kasus meninggal ini agar bisa di bawah rata-rata dunia," kata dia. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini