Satgas Covid-19: Vaksin Nusantara Dikembangkan di Amerika & Uji Coba di Indonesia

Kamis, 15 April 2021 16:25 Reporter : Supriatin
Satgas Covid-19: Vaksin Nusantara Dikembangkan di Amerika & Uji Coba di Indonesia Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito. Foto: Liputan6 ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan vaksin Nusantara gagasan mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto dikembangkan di Amerika Serikat.

“Vaksin Nusantara adalah jenis vaksin yang dikembangkan di Amerika dan diujicobakan di Indonesia,” katanya dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Kamis (15/4).

Wiku berharap tim pengembangan vaksin Nusantara segera berkoordinasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk menyelesaikan sejumlah isu terkait uji klinis fase satunya. Temuan BPOM, ada sejumlah persoalan dalam uji klinis fase satu vaksin Nusantara.

Di antaranya, pembuatan vaksin Nusantara tidak steril. Selain itu, data keamanan vaksin Nusantara diganti peneliti dan ditemukan kejadian tidak diinginkan pada 20 dari 28 subjek penelitian.

“Diharapkan tim pengembangan vaksin Nusantara dapat berkoordinasi dengan baik kepada BPOM agar isu yang ada terkait vaksin ini dapat segera terselesaikan,” ujarnya.

Wiku menambahkan, pada prinsipnya, pemerintah mendukung pengembangan vaksin Covid-19. Dengan catatan, pengembangan tersebut memenuhi kriteria pembuatan vaksin.

“Pada prinsipnya, semua vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat harus mendapatkan izin dari BPOM terutama aspek keamanan, efikasi dan kelayakan. Selama memenuhi kriteria, pemerintah akan memberikan dukungan,” tandasnya.

Anggota DPR dan tokoh nasional mengikuti proses vaksinasi vaksin Nusantara di RSPAD Gatot Soebroto, Rabu (14/4). Proses pertama hari ini adalah mengambil sampel darah dari penerima vaksin.

Anggota DPR yang mengikuti adalah Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua Komisi IX Melki Laka Lena, serta anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Adian Napitupulu. Sementara itu juga hadir mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, agenda vaksinasi hari ini adalah pengambilan sampel darah. Sampel itu bakal diolah dan dijadikan vaksin yang akan dimasukkan tujuh hari berikutnya.

"Hari ini saya sudah mengambil sampel darah untuk diolah selama 7 hari untuk dijadikan vaksin Nusantara yang kemudian nanti akan dimasukkan ke dalam tubuh saya dalam 7 hari ke depan," ujar Dasco di RSPAD Gatot Soebroto. [ray]

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini