Satgas Covid-19: Vaksin Merah Putih Baru Didistribusikan Awal 2022

Kamis, 19 November 2020 20:24 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Satgas Covid-19: Vaksin Merah Putih Baru Didistribusikan Awal 2022 Calon Vaksin buatan Gamaleya Research Institute of Epidemiology and Microbiology Rusia. ©REUTERS/HO-The Russian Direct Investment Fund (RDIF)/aa.

Merdeka.com - Pemerintah sedang mengembangkan vaksin buatan dalam negeri bernama Merah Putih. Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengungkapkan bibit vaksin Merah Putih baru akan diserahkan ke Bio Farma pada tahun depan.

"Bibit vaksin merah putih diharapkan dapat diserahkan kepada BioFarma pada 2021 selanjutnya BioFarma akan melakukan uji klinis tahap 1-3," katanya saat jumpa pers virtual sekretariat presiden, Kamis (19/11).

Wiku menambahkan, setelah tahap uji klinis selesai, vaksin Merah Putih disebar akhir tahun 2021 atau awal 2022 untuk masyarakat Indonesia.

"Jika seluruh tahapan uji klinis ini berjalan baik maka izin edar vaksin merah putih diproyeksikan diperoleh pada akhir 2021 dan didistribusikan pada awal 2022," katanya.

Wiku melanjutkan, vaksin tersebut saat ini tengah dikembangkan enam universitas dan lembaga penelitian terkemuka di Indonesia. Pemerintah terus mengawal perkembangan vaksin dalam negeri itu.

"Kami terus kawal dan dukung pengembangan vaksin ini dengan baik. Dengan harapan bisa segera selesai dan bisa digunakan," pungkasnya. [lia]

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini