Satgas Covid-19 Sebut Kenaikan Kasus di Pulau Sumatera Karena Warga Nekat Mudik

Senin, 3 Mei 2021 15:22 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Satgas Covid-19 Sebut Kenaikan Kasus di Pulau Sumatera Karena Warga Nekat Mudik Pasien Covid-19 jalani perawatan intensif di RS Bogor. ©REUTERS/Willy Kurniawan

Merdeka.com - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyebut, kenaikan kasus Covid-19 terjadi di pulau Sumatera. Penyebab naiknya kasus itu karena masih adanya masyarakat yang nekat mudik.

"Masih ada 7 persen yang nekat akan kembali mudik bahkan sebelum Ramadan sudah ada yang kembali ke kampung halaman untuk melakukan berbagai macam aktivitas," kata Doni di akun sekretariat presiden, Senin (3/5).

"Sehingga kalau kita lihat hampir semua provinsi di pulau Sumatera mengalami kenaikan kasus baik kasus aktif dan menurunkan angka ksembuhan serta meningkat seluruh provinsi angka kematiannya," sambungnya.

Doni mengimbau seluruh pejabat di pulau Sumatera segera mengevaluasi kenaikan kasus ini. Jangan terlambat melakukan langkah pencegahan.

"Seluruh pejabat di Pulau Sumatera, untuk betul-betul evaluasi seceapat mungkin, jangan sampai terlambat karena ketika terlambat melakukan pengetatan dan melakukan langkah-langkah untuk pencegahan," ucapnya.

Doni khawatir kasus eksponensial ini tidak terkontrol seperti terjadi di Jakarta pada bulan September dan Oktober 2020
lalu setelah adanya pengendoran terhadap sejumlah kegiatan liburan. Akhirnya rumah sakit Wisma Atlet Kemayoran mengalami kepenuhan.

"Sehingga terjadi antrean ambulans yang cukup panjang, pengalaman-pengalaman ini diharapkan betul-betul menjadi pelajaran bagi kita semua untuk tidak terulang kembali pada periode mendatang," pungkasnya. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini