Satgas Covid-19 Sebut 29 Provinsi Mengalami Kenaikan Mobilitas ke Pusat Perbelanjaan

Selasa, 4 Mei 2021 10:51 Reporter : Supriatin
Satgas Covid-19 Sebut 29 Provinsi Mengalami Kenaikan Mobilitas ke Pusat Perbelanjaan Ilustrasi mal. ©Liputan6.com/Ayu Lestari

Merdeka.com - Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah, mengatakan jelang Lebaran Idulfitri 2021, mobilitas masyarakat ke pusat perbelanjaan meningkat. Bahkan, lebih dari 80 persen provinsi di Indonesia mengalami peningkatan mobilitas ke pusat perbelanjaan.

"Ini harus menjadi alert kita semua adalah 29 dari 34 provinsi mengalami kenaikan mobilitas ke pusat perbelanjaan dalam 7 hari terakhir," katanya dalam Rapat Koordinasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Minggu (3/5).

Dewi memprediksi, mobilitas masyarakat ke pusat perbelanjaan akan terus meningkat hingga sehari sebelum Lebaran. Karena itu, dia mengingatkan agar Satgas daerah mengawasi ketat penerapan protokol kesehatan, terutama penggunaan masker.

Dia mengingatkan, di tengah tingginya mobilitas masyarakat, potensi penularan Covid-19 akan semakin meningkat.

"Sehingga penegakan disiplin (protokol kesehatan) akan sangat diperlukan," tegasnya.

Dewi menambahkan, bersamaan dengan meningkatnya mobilitas masyarakat ke pusat perbelanjaan, kasus aktif Covid-19 juga mengalami kenaikan. Per 30 April 2021, 19 provinsi di Indonesia mengalami kenaikan kasus aktif Covid-19.

Dari 19 provinsi tersebut, tujuh di antaranya mencatat kenaikan kasus aktif Covid-19 paling tinggi. Yakni, Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Bengkulu dan Lampung.

"Kenaikan signifikan terjadi selama empat minggu terakhir," tandasnya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini