Satgas Covid-19 Prediksi 440.014 Orang dari Sumatera Kembali ke Jawa Bersamaan

Sabtu, 15 Mei 2021 13:28 Reporter : Supriatin
Satgas Covid-19 Prediksi 440.014 Orang dari Sumatera Kembali ke Jawa Bersamaan Penumpang di Pelabuhan Bakauheni. ©2020 Merdeka.com/Antara

Merdeka.com - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan sebanyak 440.014 pemudik telah melakukan perjalanan dari Pulau Jawa menuju Sumatera melalui Merak-Bakauheni. Pemudik ini diprediksi akan kembali ke Pulau Jawa dalam waktu dekat.

"Diprediksi angka ini mungkin akan kembali pada waktu yang relatif tidak terlalu lama, mungkin dalam waktu yang relatif bersamaan," katanya dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Sabtu (15/5).

Guna mengantisipasi arus balik pemudik secara bersamaan melalui Bakauheni-Merak, pemerintah telah menyiapkan sejumlah langkah. Pertama, pemerintah meningkatkan jumlah petugas yang akan melakukan tes swab antigen bagi pemudik di Pelabuhan Bakauheni.

Kedua, pemerintah mengoptimalkan 96 kapal feri dan tujuh dermaga. Ketiga, memanfaatkan seluruh logistik yang ada di pos pemeriksaan, termasuk di Pelabuhan Bakauheni.

"Termasuk pembagian waktu untuk petugas supaya bisa optimal yaitu 3 sif sehingga mereka tetap fresh. Kemudian berikutnya memastikan tempat isolasi. Jadi mereka yang reaktif setelah diperiksa dengan swab antigen maka dibawa ke ruang isolasi," jelasnya.

Doni menyebut, Pemerintah Provinsi Lampung telah menyediakan Wisma dan Rusun bagi pemudik usia produktif yang positif terpapar Covid-19. Sementara bagi pemudik lansia yang terjangkit Covid-19 akan didorong ke rumah sakit.

"Dinkes telah menginstruksikan seluruh rumah sakit yang ada di Lampung untuk menyiapkan diri manakala ada peningkatan pasien Covid-19 dari pelaku perjalanan," tutupnya. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini