Satgas Covid-19: Pengembangan Vaksin Nusantara Harus Dipublikasikan

Selasa, 23 Februari 2021 18:18 Reporter : Supriatin
Satgas Covid-19: Pengembangan Vaksin Nusantara Harus Dipublikasikan Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menanggapi pengembangan vaksin Covid-19 Nusantara di Indonesia. Vaksin Nusantara merupakan gagasan mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto.

Vaksin Nusantara telah merampungkan uji klinis fase satu dan menungggu persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk melanjutkan ke tahap dua.

"Pada prinsipnya pemerintah terbuka untuk seluruh pengembangan vaksin dalam negeri," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Selasa (23/2).

Wiku mengatakan, di tengah pandemi Covid-19, pemerintah akan mendukung dan mengawal pengembangan vaksin Covid-19. Namun dengan catatan, pengembangan vaksin tersebut berdasarkan metode ilmiah.

"Dan diuji di dalam laboratorium sampai menghasilkan kandidat vaksin potensial," sambungnya.

Selain itu, pengembangan vaksin Covid-19 juga harus melalui tahapan uji pra klinis yang benar. Pada tahapan pra klinis, calon vaksin akan diuji kepada hewan untuk mengetahui tingkat keamanan.

"Terakhir kandidat vaksin tersebut harus memasuki tahapan uji klinis yang dilakukan pada manusia dan dilakukan BPOM. Seluruh pengembangan vaksin harus dipublikasikan sesuai kaidah ilmiah," tandasnya. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini