Satgas Covid-19 Minta Kawasan Wisata Buka Saat Lebaran Harus Terapkan Prokes Ketat

Kamis, 6 Mei 2021 15:20 Reporter : Supriatin
Satgas Covid-19 Minta Kawasan Wisata Buka Saat Lebaran Harus Terapkan Prokes Ketat Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Gedung Graha BNPB. ©2021 Istimewa

Merdeka.com - Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito meminta kawasan wisata yang buka saat Lebaran Idulfitri 2021 menerapkan protokol kesehatan. Upaya ini untuk mencegah kawasan wisata menjadi klaster Covid-19.

"Jadi tempat wisata yang buka saat hari Lebaran Idulfitri diwajibkan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat," katanya dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (6/5).

Wiku juga mengingatkan, pengelola kawasan wisata harus mengatur jam operasional dan membatasi jumlah pengungjung agar tak terjadi kerumunan.

"Satgas di daerah juga akan mengawasi dan akan mengambil tindakan tegas apabila ditemukan pelanggaran terhadap protokol kesehatan," ujarnya.

Sebagai informasi, pemerintah pusat mengizinkan kawasan wisata tetap dibuka saat libur Lebaran Idulfitri 2021. Untuk mencegah Covid-19, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mewajibkan pengelola tempat wisata yang buka saat Lebaran mengantongi sertifikat CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety dan Environmental Sustainability).

"Kami beri panduan jika destinasi wisata dibuka harus dengan protokol kesehatan CHSE. Kami tegas bahwa destinasi wisata harus (mematuhi) protokol kesehatan," tegasnya.

Meski pemerintah pusat mengizinkan, Sandiaga menyebut pembukaan kawasan wisata saat Lebaran tetap bergantung pada pemerintah daerah. Dia mengingatkan, pembukaan kawasan wisata harus mempertimbangkan laju penularan Covid-19 di daerah masing-masing. [ded]

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini