Satgas Covid-19 Ingatkan Titik Lengah Selama Masa Iduladha

Rabu, 23 Juni 2021 18:04 Reporter : Supriatin
Satgas Covid-19 Ingatkan Titik Lengah Selama Masa Iduladha Ketua Bidang Perubahan Perilaku STPC 19, Sonny Harry B Harmadi. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B Harmadi mengingatkan masyarakat sejumlah titik lengah yang harus diwaspadai selama masa Iduladha 2021. Titik lengah ini berisiko menjadi sumber penularan Covid-19.

Pertama, interaksi antar warga yang melihat hewan kurban. Kedua, penggunaan alat potong hewan kurban secara bersamaan. Ketiga, kontak fisik antar panitia dan warga saat mendistribusikan hewan kurban.

"Lalu interaksi antar petugas di lapangan," katanya dalam konferensi pers daring, Rabu (23/6).

Titik lengah lainnya yakni pengemasan hewan kurban. Seperti penggunaan alat timbang secara bersamaan.

"Pengemasan daging kurban harus sebisa mungkin terhindar dari kontaminasi virus," pesannya.

Sebelumnya, Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Miftahul Huda mengatakan penyembelihan hewan kurban di zona merah dan oranye Covid-19 tidak diperbolehkan dilaksanakan di masjid atau tempat terbuka.

"Kalau zona merah tetap tidak diperbolehkan dan (penyembelihan hewan kurban) diarahkan ke rumah potong hewan," jelasnya.

Adapun pada zona kuning dan hijau diperbolehkan melakukan penyembelihan hewan kurban di masjid atau tempat terbuka. Dengan ketentuan, selama proses penyembelihan hewan kurban, petugas menggunakan masker dan tidak ada kerumunan.

MUI juga menyarankan, penyembelihan hewan kurban pada zona kuning dan hijau dilakukan secara bertahap.

"Penyembelihan hewan kurban tidak hanya diselesaikan hari pertama tapi bisa juga sampai hari ke-13 Zulhijah untuk meminimalisir kerumunan," katanya.

Khusus untuk pendistribusian hewan kurban, baik pada zona merah, oranye, kuning dan hijau Covid-19 harus diantarkan langsung oleh panitia ke rumah penerima. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini