Satgas: 180 Kabupaten Kota Zona Risiko Tinggi Covid, Terbanyak Sejak Pandemi

Kamis, 22 Juli 2021 18:29 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Satgas: 180 Kabupaten Kota Zona Risiko Tinggi Covid, Terbanyak Sejak Pandemi Antusias Warga Bangkok Swab Gratis. ©2021 AFP/Lillian Suwanrumpha

Merdeka.com - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, mengatakan zona risiko Covid-19 tingkat kabupaten kota menunjukkan kondisi kurang baik. Sebab, ada 180 kabupaten kota menjadi zona merah corona. Angka itu terbanyak sejak pandemi menyelimuti RI.

"Zonasi risiko tingkat kabupaten kota saat ini menunjukkan perkembangan ke arah yang kurang baik, saat ini kabupaten dan kota dengan zona risiko tinggi menjadi yang terbanyak semenjak pandemi yaitu 180 kabupaten kota," katanya dalam jumpa pers virtual, Kamis (22/7).

Wiku menjelaskan, zonasi ini didominasi oleh kabupaten kota dari provinsi Jawa Timur sebanyak 33 Kabupaten kota. Jawa Tengah 29 Kabupaten kota dan Jawa Barat 21 Kabupaten kota.

"Untuk itu perlu dipastikan sebelum dilakukan pembukaan bertahap kita wajib bergotong royong dalam meningkatkan testing dan menurunkan angka kematian," ungkapnya.

Wiku berharap, perkembangan yang sudah baik seperti turunnya kasus positif, kasus aktif, bed occupancy rate (bor) harian dan kesembuhan yang meningkat harus dipertahankan.

"Dengan begitu zonasi risiko wilayah wilayah yang saat ini zona merah dapat segera membaik dan berpindah ke zona oranye dan zona kuning," pungkasnya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini