Sapi Pemberian Jokowi Sempat Meronta Saat Akan Disembelih, 9 Jagal Hampir Kewalahan

Rabu, 21 Juli 2021 16:06 Reporter : Arie Sunaryo
Sapi Pemberian Jokowi Sempat Meronta Saat Akan Disembelih, 9 Jagal Hampir Kewalahan Sapi Jokowi di Masjid Agung Solo. ©2021 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Sapi jenis Peranakan Ongole (PO) atau sapi Jawa bantuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Masjid Agung Keraton Surakarta (Masjid Agung Solo) disembelih hari ini. Namun saat akan disembelih, sapi seberat 837 kg dengan harga Rp63 juta itu berontak.

Panitia memulai penyembelihan pukul 08.30 WIB. Sedikitnya 9 orang jagal mulai menyiapkan diri di lokasi pemotongan di halaman Masjid Agung.

Sebanyak sembilan jagal yang sudah disiapkan sempat kerepotan saat berusaha membaringkan sapi. Mereka kewalahan dibuat sapi yang dibeli dari peternak di Boyolali itu.

Saat proses sembelih akan dimulai, sapi kembali memberikan perlawanan dengan menendangkan kakinya. Namun akhirnya, petugas jagal berhasil menyembelih hewan kurban.

"Ada 9 orang jagal kita siapkan. Satu orang bagian pemotong leher hewan kurban,7 orang lainnya bertugas merobohkan dan memegangi hewan kurban," ujar Takmir Masjid Agung Solo, Muchtarom, Rabu (21/7).

Menurutnya, memang tidak mudah menyembelih hewan kurban milik Presiden Jokowi. Terlebih ukuran sapi sangat besar dengan berat mencapai 837 kg. Sapi tersebut juga paling besar jika dibandingkan sapi lainnya yang ada di Masjid Agung Solo.

"Kami kerahkan 9 orang jagal dan butuh waktu 30 menit untuk merobohkan dan kemudian menyembelih sapi putih ini" katanya.

Muchtarom menyampaikan, usai penyembelihan, daging kurban akan dibagikan untuk warga kurang mampu di sekitar Masjid Agung Solo. Selain itu, akan diberikan pada desa binaan Masjid Agung yang membutuhkan daging. Pihaknya tidak melayani masyarakat yang datang ke masjid untuk menghindari kerumunan.

Selain di Masjid Agung Solo, Jokowi juga mengirim sapi kurban dengan berat yang sama ke Masjid Al Wustho, Mangkunegaran.

"Yang kita kita kirim ke Masjid Mangkunegaran jenis sapi Limousine, beratnya 837 kg, harga Rp62.500.000," kata Munawar. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini