Santoso tewas, Mendagri minta Satgas tumpas sisa teroris Poso

Selasa, 19 Juli 2016 18:09 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Santoso tewas, Mendagri minta Satgas tumpas sisa teroris Poso Teroris Santoso. ©istimewa

Merdeka.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo berharap, pascatewasnya pimpinan kelompok bersenjata Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Santoso, tim Satgas Operasi Tinombala melanjutkan tugasnya dengan memburu sisa teroris yang berada di wilayah Poso. Tewasnya Santoso diyakini Tjahjo membuat kekuatan para anggotanya semakin lemah.

"Kalau benar, saya minta mudah-mudahan tim yang dibentuk segera tuntaskan sisa-sisa para pengikutnya sehingga stabilitas di Palu dan Sulawesi Tengah cepat pulih sehingga daerah bisa cepat proses pembangunan. Walaupun masih 2-3 kelompok lagi. Ini prestasi kepolisian dan TNI," kata Tjahjo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (19/7).

Tjahjo mengaku sudah menghubungi Kapolda Sulawesi Tengah, Brigjen Rudy Sufahriadi untuk memastikan apakah benar Santoso yang tewas. "Sudah diskusi dengan Kapolda Sulawesi Tengah. Menurut kapolda 90 persen identifikasi awal dan kesaksian itu benar Santoso dan Basri. Kan lagi cek gigi dan sebagainya," katanya.

Seperti diberitakan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menuturkan, untuk memastikan bahwa korban tewas adalah Santoso, perlu dilakukan tes DNA.

"Tetap dilakukan untuk akurasinya 100 persen tidak diragukan lagi. Siapa tahu nanti ada yang ganti wajah gitu," ungkap Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Kompleks Istana Kepresidenan,Jakarta Pusat, Selasa (19/7).

Mantan Kapolda Metro Jaya ini menjelaskan, tes DNA biasanya dilakukan jika kondisi jenazah dalam keadaan rusak, membusuk atau wajahnya sudah tak dikenali lagi. Tapi untuk kali ini Tito memiliki keyakinan korban tewas adalah Santoso. Keyakinan itu dilihat dari ciri fisik jenazah yang masih utuh.

"Kalau kita lihat badannya, mukanya kelihatan utuh, wajahnya utuh. Tanda-tanda tubuhnya yang khas seperti tahi lalat, dan lain-lain kelihatannya sama lah. Sehingga kemungkinan besar mendekati 95 dia lah Santoso," ucapnya.

Tidak hanya dari ciri fisik, keyakinan Tito bahwa korban tewas adalah Santoso diperoleh dari saksi lain. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Teroris Santoso Tewas
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini