Sandiaga Kenalkan Program Bedakan ke UMKM untuk Bantu Desain Kemasan & Pemasaran

Senin, 27 Juni 2022 07:33 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Sandiaga Kenalkan Program Bedakan ke UMKM untuk Bantu Desain Kemasan & Pemasaran Sandiaga Uno Kenalkan Program Bedakan ke UMKM. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif Sandiaga Uno bertemu dengan pelaku UMKM di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Dalam pertemuan ini, pelaku UMKM juga menjajakan produknya ke Sandiaga.

Sandiaga melirik salah satu produk sendal hotel. Sebab, sendal tersebut terbuat dari barang bekas atau sampah. Sandiaga meminta para peserta untuk ikut menangani masalah sampah.

"Ini adalah bank sampah dari ceritanya keren banget. Sebetulnya jalan jualan itu harga, tapi dari story produk ini secara tidak langsung kita ikut menangani masalah sampah, luar biasa," kata Sandiaga saat menunjukkan produk sendal hotel, Senin (7/6).

Sandiaga juga memberitahu kepada para peserta yang kebingungan dalam mendesain kemasan. Dia menyarankan untuk mengikuti program Bedakan (Bedah Desain Kemasan) yang disiapkan Kemenparekraf.

"Nama programnya Bedakan, itu desain kemasan nanti dibantu kemasannya, pemasaran, dan digitalisasi," kata Sandiaga.

2 dari 2 halaman

Kegiatan ini merupakan pelatihan untuk menciptakan pelaku UMKM yang profesional. Bekerjasama dengan Yayasan Indonesia Setara (YSI), PT Kokikit Akademi Indonesia dan Bhinneka. Nantinya, selain pelatihan memasak akan diadakan juga pelatihan yang lainnya seperti membuat suvenir.

Ketua pelaksana, Ahmad Roji mengatakan kegiatan pelatihan tersebut mengajarkan peserta untuk membuat produk makanan sehat. Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produk dari pelaku usaha yang ada di daerah Lombok.

"Alhamdulillah kita sudah tuntaskan kegiatan ini melibatkan 50 UMKM dengan tujuan meningkatkan kapasitas dari pelaku usaha yang ada di daerah Lombok. Di sini peserta diajarkan untuk bisa menciptakan produk - produk makanan sehat," kata Roji.

Baca juga:
Berkunjung ke Tebing Tinggi, Sandiaga Uno Membatik di Rumah Adat Puri Melayu
Lewat Kelana Nusantara, Sandiaga Dorong Pelaku Ekraf Jadi Kunci Kebangkitan Ekonomi
Dapat Bantuan Usaha hingga Kloset, Seorang Nenek Menangis di Hadapan Sandiaga Uno
Senyum Nenek Dachi, Bertemu Menparekraf Sandiaga saat Kunker ke Nias

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini