Sandiaga Jabat Menparekraf: Amanat Berat dari Presiden Jokowi

Selasa, 22 Desember 2020 19:42 Reporter : Ahda Bayhaqi
Sandiaga Jabat Menparekraf: Amanat Berat dari Presiden Jokowi Sandiaga Uno ditunjuk jadi Menparekraf. ©Youtube Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Sandiaga Uno baru saja ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dalam pidatonya, Sandiaga mengaku mendapatkan amanah sangat berat untuk memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dari pandemi Covid-19. Sebab kebangkitan dan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bergantung pada pemulihan kesehatan.

"Tentunya dalam konteks ini, tugas dan amanah yang disampaikan oleh bapak presiden dan wakil presiden teramat sangat berat karena kebangkitan bangsa Indonesia untuk pulih dari Covid-19 dan melanjutkan agenda pembangunan terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan sangat bergantung pada pemulihan kesehatan, dari sisi covid-19 dengan upaya kita menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," ujar Sandiaga dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (22/12).

Tantangan berikutnya adalah menyelamatkan lapangan pekerjaan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sandiaga bilang, ada belasan hingga puluhan juta yang harus diselamatkan.

"Adapun sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini akan menjadi lokomotif pasca pandemi Covid-19 untuk kita melanjutkan agenda-agenda pembangunan di sektor ini untuk terus membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia," ujar Sandiaga.

Sandiaga juga menyiapkan sejumlah strategi untuk mengejar tantangan itu. Dia ingin melakukan strategi inovasi berbasis teknologi, penggunaan big data, dan pendekatan terbaru untuk memetakan potensi serta penguatan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Supaya pelaku dalam sektor ini tidak hanya bertahan, tapi juga menangkap peluang.

Strategi berikutnya, Sandiaga ingin menggunakan adaptasi. Dia bilang, di tengah pandemi, harus tetap mendahulukan kesehatan dan keselamatan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Berikutnya adalah Sandiaga ingin kolaborasi Kementerian Lembaga dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dari provinsi hingga kabupaten/kota, akademisi universitas, masyarakat hingga dunia usaha.

"Semoga Allah SWT meridhoi dan memberikan kekuatan kita untuk keluar dari pandemi Covid-19 ini dan membangun sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang lebih baik lagi ke depan," pungkas politikus Gerindra ini. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini