Sambut Kemerdekaan, Jokowi Buat Batik Motif 'Garuda Nusantara'

Kamis, 1 Agustus 2019 10:29 Reporter : Merdeka
Sambut Kemerdekaan, Jokowi Buat Batik Motif 'Garuda Nusantara' Jokowi bikin batik motif garuda nusantara. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Negara Iriana menghadiri acara membatik di Statiun Moda Raya Terpadu (MRT) Bundaran HI Jakarta, Kamis (1/8). Acara membatik ini dalam rangka menyambut HUT ke-74 Indonesia.

"Hari ini kita memulai untuk membatik sepanjang 74 meter. Yang sesuai dengan Dirgahayu Kemerdekaan kita yang ke-74," kata Jokowi.

Berdasarkan pantauan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu tiba di lokasi sekitar 08.45 WIB. Setelah menyapa pembatik, Jokowi dan Iriana pun menyempatkan diri untuk mencoba mencanting kain batik dengan motif Garuda Nusantara atau Gurdo.

"Garuda nusantara, gurdo," tuturnya

Baik Jokowi dan Iriana sangat serius mencanting batik dengan perlahan-lahan. Iriana bahkan sangat luwes dan teliti saat mencoba membatik.

"Ya biasa lah. Tapi kalau hanya lima menit suruh membatik bagus gimana. Membatik itu harus sabar, pikirannya dingin. Pelan-pelan dihayati, dinikmati. Bukan dilihat orang banyak kayak gitu," jelas Jokowi.

Jokowi mengatakan, batik merupakan warisan pusaka yang telah tercatat di UNESCO. Untuk itu, dia ingin agar batik Indonesia semakin mendunia.

"Kita harapkan juga generasi pembatik-pembatik dari angkatan dewasa, ke angkatan remaja, anak-anak, semua teregenerasi dengan baik. Saya harapkan batik semakin bisa dikembangkan sebagai sebuah brand Indonesia," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Reporter: Lisza Egeham
Sumber: Liputan6.com [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini