Sambut haul Soekarno dan Soeharto, siswa SD buat puluhan tumpeng

Rabu, 5 Juni 2013 12:10 Reporter : Arie Sunaryo
Sambut haul Soekarno dan Soeharto, siswa SD buat puluhan tumpeng Tumpeng Haul Bung Karno dan Pah Karto. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Bulan Juni memiliki makna bagi Indonesia. Di bulan ini Pancasila dilahirkan pada 1 Juni 1945. Di bulan ini pula dua mantan Presiden Indonesia dilahirkan yakni Presiden Soekarno pada 6 Juni 1901 dan Presiden Soeharto pada 8 Juni 1921.

Ratusan siswa SD di Sukoharjo, Jawa Tengah, memperingati tiga momen bersejarah bagi Republik itu dengan membuat puluhan tumpeng nasi.

Di halaman sekolah mereka sejak pagi sudah berjajar puluhan tumpeng yang dibuat oleh siswa secara berkelompok. Tumpeng yang dihiasi dengan foto Soekarno dan Soeharto serta lambang negara tersebut selanjutnya dipajang di meja depan sekolah. Setelah didoakan, puluhan tumpeng tersebut dibagikan ke siswa dan warga yang datang.

"Kegiatan ini dimaksudkan agar anak-anak lebih mengenal para tokoh-tokoh bangsa. Terlepas dari kekurangan Pak Karno dan Pak Harto. Kita ingin agar mereka mencontoh sisi positifnya saja," ujar Kepala Sekolah SDN Gayam, Sukoharjo, Lilis Suryani kepada wartawan, Rabu (5/6).

Sementara itu panitia acara, Kokor dari Museum Rekor Indonesia Sukoharjo (Moresko) mengatakan, bulan Juni adalah bulan penting bagi bangsa Indonesia. Pihaknya ingin lebih mendekatkan dan mengenalkan generasi muda pada peristiwa dan pahlawan bangsa.

"Anak-anak itu supaya tahu, bahwa mereka-mereka itulah pahlawan yang sesungguhnya, bagi berdirinya negara ini. Mereka biar tahu, ini Pak Karno, ini Pak Harto, ini Pancasila," paparnya.

Menurutnya, makna pembuatan puluhan tumpeng tersebut adalah dalam filosofi jawa, tumpeng adalah sebuah kehidupan atau kelahiran baru.

"Meskipun Pak Karno dan Pak Harto sudah meninggal, namun semangatnya seperti tumpeng, terus akan menjadi baru. Jadi Indonesia butuh orang-orang yang seperti mereka," pungkasnya. [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini