Sambangi Pondok Pesantren Lirboyo, Menag Samakan Persepsi Tangkal Radikalisme

Jumat, 22 November 2019 06:46 Reporter : Imam Mubarok
Sambangi Pondok Pesantren Lirboyo, Menag Samakan Persepsi Tangkal Radikalisme Menag Fachrul Razi Sambangi Pondok Pesantren Lirboyo. ©2019 Merdeka.com/Imam Mubarok

Merdeka.com - Menteri Agama Republik Indonesia, Fachrul Razi melakukan silaturahmi ke para tokoh agama di Kediri. Dalam kunjungannya ini, dia bermaksud untuk menyamakan persepsi tentang upaya menangkal paham radikal bersama kalangan pesantren dan Organisasi Islam Nahdlatul Ulama.

Untuk itu, Fachrul mendatangi dua pesantren, yakni Ponpes Lirboyo dan Ponpes Al Falah Ploso Mojo. Tiba di Pondok Pesantren Lirboyo, dia langsung disambut oleh para pengasuh pesantren. Diantaranya KH Anwar Mansyur dan KH Abdulloh Khafabihi Mahrus. Mereka kemudian melakukan pertemuan tertutup.

Fachrul mengaku kedatangannya untuk bersilaturahmi setelah dua kali gagal akibat terganjal agenda sidang kabinet.

"Kami ingin menyamakan persepsi tentang upaya memberantas paham radikalisme dengan kalangan pesantren dan sesepuh Nahdlatul Ulama," katanya, Kamis (21/11).

1 dari 1 halaman

Pemerintah Fokus Tangkal Radikalisme

Dia menjelaskan, pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin menjadikan masalah radikalisme sebagai fokus utama. Salah satu upaya yang dilakukan adalah adanya kesepakatan 11 menteri dan lembaga tentang upaya menangkal radikalisme.

"Pemerintah ingin menempatkan aparatur sipil negara (ASN) menjadi garda terdepan dalam meningkatkan wawasan kebangsaan dan menghadapi radikalisme. Dan apabila ada ASN yang menyebarkan kebencian terhadap pancasila dapat diancam sanksi berat," ujarnya.

Usai dari Pondok Pesantren Lirboyo, rombongan Menag melanjutkan agenda silaturahmi ke Pondok Pesantren Al Falah Di Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Setelah itu rombongan direncanakan kembali ke Jakarta. [fik]

Baca juga:
Menag Fachrul Razi Belum Tahu Jumlah Penceramah untuk Tekan Radikalisme
Menteri Agama Kesulitan Cari Jalan Keluar Kasus First Travel
Langkah Menteri Agama Agar PNS dan CPNS Tak Terpapar Radikalisme
Pemerintah Diminta Gunakan Standar HAM Soal Wacana Larangan Cadar & Celana Cingkrang

Topik berita Terkait:
  1. Menag Fachrul Razi
  2. Radikalisme
  3. Kediri
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini