KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Saksi sebut suami Wa Ode terlibat

Selasa, 10 Juli 2012 20:16 Reporter : Putri Artika R
wa ode. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Haris Andi Surahman yang menjadi saksi dalam persidangan terdakwa Wa Ode Nurhayati mengungkapkan pertemuannya dengan politikus PAN itu. Menurutnya, pertemuan tersebut dalam rangka membahas alokasi Dana Penyesuaian Infrastruktur Daerah (DPID).

Haris mengatakan pertemuan tersebut dijalankan karena atas perintah pengusaha Fahd A Rafiq. Dia juga mengungkapkanĀ  pertemuan itu difasilitasi oleh suami Wa Ode bernama Syarif Achmad. Bahkan perintah Fahd untuk meloloskan alokasi anggaran diĀ  Kabupaten Aceh Besar, Pidie Jaya, dan Bener Meriah itu juga berkat suami Wa Ode.

"Teman saya Fahd minta carikan anggota Banggar, saya belum kenal akrab dengan ibu Wa Ode. Kemudian diakrabkan lagi saya dengan Wa Ode oleh Syarif Achmad (suami Wa Ode) di Senayan," ujar Haris saat bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (10/7).

Menurut Haris, pertemuan pertama kali yakni pada bulan Oktober 2010 bertempat di Restoran Pulai Dua Senayan, Jakarta.

"Waktu itu beliau (Wa Ode Nurhayati) menyanggupi mengurus tiga daerah. Waktu itu disampaikan supaya dilengkapi administrasi. Lalu saya sampaikan ke Fahd dan dibuatkan proposal," ujarnya.

Saat pertemuan itu, Wa Ode meminta fee sebesar 5-6 persen untuk melaksanakan permintaan Fahd. Untuk itu, pada 13 Oktober 2010, ia dan Fahd membuka rekening di Bank Mandiri di DPR. Dalam rekening tersebut dibuka atas nama Haris sesuai permintaan Fahd.

"Buka tabungan langsung terisi Rp 2 miliar. Lalu tiga jam kemudian, Sefa (staf Wa Ode) ambil uang itu di Bank Mandiri yang sama," terang Haris.

Sejak itu, Haris terus mentransfer sisa fee yang diberikan secara bertahap melalui perantara Sefa Yolanda asisten pribadinya Wa Ode. "Kira-kira sekitar enam tahap," imbuhnya. [ren]

Topik berita Terkait:
  1. Wa Ode
  2. Suap DPID
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.